Sukses

Salah Mengkonsumsi Susu Hamil

31 Jul 2018, 22:40 WIB
Wanita, 28 tahun.

Malam dok, Mau tanya. Usia kandungan saya baru maduk 5 minggu, Sayakan minum susu merk prenagen ni. Tapi kemaren saya salah beli. Saya beli & minum susu prenagen momy yg untuk usia trisemester ke 3. Jadi gimna dok ya. Saya uda terlanjur minum ni. Adakah bahaya untuk janin saya

Terima kasih telah bertanya seputar susu kehamilan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Susu yang Anda sebutkan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berguna untuk kehamilan trimester 3, jika Anda sedang hamil 5 minggu saat ini maka konsumsi susu tersebut kurang tepat karena kandungannya bukan disesuaikan untuk nutrisi ibu hamil 5 minggu namun untuk nutrisi ibu yang sedang hamilan trimester 3.

Yang dibutuhkan oleh ibu hamil terutama adalah:

  • Karbohidrat.  Pada bulan pertama, ibu butuh kalori ekstra agar pertumbuhan janin pesatProtein: Untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh yang rusak.
  • Protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil lebih banyak (10 gram lebih banyak). Protein bisa didapatkan dari makanan sehari-hari seperti tempe, tahu, telur, dan daging.
  • Asam folat: untuk mendukung tumbuh kembang janin dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Sumber: bayam, tomat, jeruk, kol, selada.
  • Kalsium: berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, bisa didapatkan dari susu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.
  • Zat besi: mencegah anemia pada ibu dan mendukung pembentukan sel darah merah pada janin. Biasanya ibu hamil diberikan suplemen zat besi, sumber utama zat besi dari makanan adalah sayuran hijau (bayam).Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Pada ibu hamil, kebutuhan nutrisinya bertambah karena harus memberi makan janin. Protein dan kalsium sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Protein dibutuhkan agar sel-sel dapat bekerja dengan baik, dapat membangun dan memperbaiki dirinya. Sedangkan kalsium dibutuhkan agar kesehatan tulang dan gigi tetap terjaga.

Susu dan dairy products seperti keju dan yoghurt merupakan sumber protein dan kalsium yang baik. Kalsium dari dairy products ini sangat baik karena mudah diserap oleh tubuh.

Susu ibu hamil sudah difortifikasi sedemikian rupa untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang bertambah tersebut. Walaupun begitu, perlu diperhatikan bahwa komposisi dan frekuensi makanan yang Anda konsumsi sehari-hari lebih berperan dalam mempersiapkan tubuh Anda untuk hamil. Susu hanya bersifat sebagai pelengkap/suplemen dan bukan pengganti makanan sehat.

Beberapa wanita tidak dapat menerima rasa susu ibu hamil yang memang berbeda dari susu biasanya (karena kandungan zat besinya yang tinggi). Bila tetap ingin minum susu selama hamil, susu UHT maupun yang sudah di Pasteurisasi pun aman untuk dikonsumsi. Pada prinsipnya, konsumsi susu hamil maupun susu biasa dari sebelum mulai hamil tidak memberikan efek buruk.

Sebelum hamil, zat yang paling penting harus dipersiapkan adalah asam folat. Asam folat ini berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan saraf janin serta menjaga kadar Hemoglobin (kepekatan darah) ibu tetap di rentang normal. Asam folat umumnya diberikan 3 bulan sebelum mulai hamil sampai masa hamil selesai dengan dosis 400 mikrogram (ug) /hari.

Konsultasikan dengan dokter kandungan bila Anda memang merencanakan hamil dalam waktu dekat. Tujuannya agar tubuh Anda siap dan sudah dilengkapi oleh nutrisi yang diperlukan agar janin bertumbuh dan berkembang dengan optimal.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar