Sukses

Kenaikan Berat Badan Bayi
31 Jul 2018, 10:04 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat malam dok, saya mau tanya, anak saya lahir dengan BB 2,1kg di usia kehamilan 36 Minggu 5 hari jika mengikuti HPHT, sekarang usianya 5 bulan kurang 2 hari terakhir di timbang BB nya 5kg dan anak saya setiap bulannya hanya naik 4ons dan paling besar pun 8ons apakah itu normal dok?

Terima kasih telah bertanya tentang kenaikan berat badan bayi melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebenarnya, pertambahan BB bayi bisa dilihat per triwulan. Pada triwulan I, kenaikan BB berkisar 150-250 gram/minggu, triwulan II kenaikannya 500-600 gram/bulan, triwulan III naik 350 – 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan

Untuk melihat normal-tidaknya BB bayi adalah saat usianya mencapai 6 bulan dan 1 tahun. Di usia 6 bulan, BB bayi harus mencapai 2 kali lipat berat lahir dan menjadi 3 kali lipatnya pada usia 1 tahun. Kurang dari ini, BB nya bisa disebut rendah atau bayi kurus.

Untuk menaikkan berat badan, prinsipnya adalah asupan makanan lebih tinggi daripada energi yang keluar. Karena bayi aktivitasnya masih terbatas, maka sangat penting untuk meningkatkan asupan makanan. Jika anak Anda masih aktif dan baik dalam menyusui maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Penuhi asupan nutrisi dan makanannya lewat konsumsi ASI dan susu yang mencukupi.

Nutrisi yang terbaik bagi bayi adalah ASI. ASI mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu perkembangan otak. Kadar nutrisi yang didapatkan di dalam susu formula tentunya tidak sama dengan yang terdapat di ASI. Sangat disayangkan pemberian susu formula sebelum usia 6 bulan. Anda mengatakan bahwa anak Anda sering mengalami jamur di susu di sekitar mulut dan ruam popok, hal tersebut bisa saja mengindikasikan bahwa anak Anda tidak cocok dengan susu formula yang diberikan. Sistem pencernaan bayi belum berkembang dengan sempurna sehingga pemberian makanan selain ASI sebelum usia 6 bulan akan meningkatkan risiko terjadinya gangguan pencernaan dan penyakit pada bayi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kenaikan berat badan bayi. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar