Sukses

Radang Tenggorokan dan Tangan Kemerahan

31 Jul 2018, 09:36 WIB
Wanita, 22 tahun.

Salam. Maaf, Dok, sy mau bertanya. 2 minggu lalu saya merasakan sariawan di daerah lidah saya, lalu Sekitar 4 5 harian lalu saya mengalami sakit tenggorokan yang saya kira seperti gejala awal flu biasanya, keesokannya saya memang mengalami pilek tapi setelah pilek membaik tenggorokan saya masih sakit. Saya cek di kaca, tenggorokan saya kemerahan dan ada bercak putih di amandel saya. Saya sendiri belum pernah punya riwayat radang tenggorokan atau amandel sebelumnya. Lalu tadi lagi, tiba-tiba muncul bruntusan kecil tak berwarna di telapak tangan saya yang terasa gatal, apa ini ada hubungannya? Lalu apa yang sebaiknya saya lalukan? Mohon tanggapannya, terima kasih.

Terima kasiha atas pertanyaan Anda.

Sejak kapan radang tenggorokan dirasakan? apakah bintik-bintik merah masih ada sampai sekarang? apakah ada keluhan buang air kecil? sudahkah berobat ke dokter?

Peradangan pada tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena sering disertai peradangan pada amandel/tonsil). Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur. Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain.Gejala faringitis sangat bervariasi, bergantung pada penyebabnya. Faringitis dapat merupakan suatu kondisi yang berdiri sendiri atau merupakan bagian dari gejala penyakit lain.

Radang tenggorokan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus dapat menyebabkan komplikasi berupa henoch schonlein purpura (peradangan pada pembuluh darah kecil) dengan gejala bintik bintik merah pada kulit (terutama tangan, kaki, dan bokong). Gejala lainnya berupa nyeri sendi dan gangguan fungsi ginjal. Kejadian ini dapat terjadi pada anak-anak dan dewasa. Dapat sembuh dengan sendirinya dalam 4-6 minggu, namun dapat juga menimbulkan komplikasi ginjal.

Kami tidak dapat memastikan apakah bintik-bintik merah di kulit Anda berhubungan dengan radang tenggorokan (henoch schonlein purpura) atau penyakit lain (misalnya demam berdarah/DBD). untuk memastikan diperlukan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan laboratorium. Maka dari itu, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam untuk diagnosis dan terapi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar