Sukses

Cara Meningkatkan Produksi ASI

30 Jul 2018, 11:39 WIB
Wanita, 28 tahun.

Selamat sore dok.... Saya baru melahirkan 2minggu yg lalu, saya berniat memberikan asi eksklusif utk anak saya, tp ternyata produksi asi saya sangat sedikit sampai2 pada hari ke 5 anak saya mengalami kuning & dirawat d rs, kta dr anak sya kurang mnum asi. Selama d rs saya d minta pumping asi & membawanya k rs setiap hari harus ada 250cc tp ternyata saya tidak bisa memenuhinya. Dengan berat hati selama d rs anak saya d beri tambahan sufor. Setelah keluar rs anak saya jd susah utk menyusu langsung pada saya, mungkin sdh keenakan dgn sufor... Skrg asi saya semakin berkurang.... Kira2 bisa gak dok saya meningkatkan produksi asi saya lagi? Saya masih ingin terus memberi asi utk anak saya.... Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Cara Meningkatkan Produksi ASI.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Agar produksi ASI Anda mencukupi, susuilah bayi Anda sesering mungkin, minimal dua sampai tiga jam sekali. Menambah sesi menyusui akan semakin menstimulasi kelenjar susu payudara untuk memproduksi ASI. Pastikan agar bayi Anda menyusu pada satu payudara hingga terasa “kosong”, baru berpindah ke payudaranya lainnya. Hal ini penting untuk menjamin pengosongan payudara yang optimal, dan agar bayi mendapat baik ASI foremilk maupun hindmilk.

Perbaikilah posisi latch on bayi ke puting. Latch on yang benar akan memaksimalkan proses menyusui. Selain itu, ketika hisapan bayi sudah mulai melambat, Anda dapat mengompresi (memencet atau menekan) payudara Anda untuk meningkatkan aliran ASI agar payudara dapat benar-benar dikosongkan.

Anda juga dapat menstimulasi produksi ASI lebih lagi dengan menambahkan sesi memompa ASI di antara dua sesi menyusui. ASI perah (ASIP) dapat disimpan untuk cadangan. ASIP dapat tahan sampai 5 hari di kulkas dan sampai 1 bulan di freezer.

Suplementasi formula dapat dipertimbangkan jika memang dokter memutuskan bahwa bayi Anda butuh tambahan nutrisi selain ASI. Hindari pula penggunaan empeng. Bayi Anda dapat “mengempeng” kepada puting sambil sesekali menghisap, yang juga akan menstimulasi produksi ASI.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Cara Meningkatkan Produksi ASI. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar