Sukses

Batuk Tidak Kunjung Sembuh

30 Jul 2018, 10:58 WIB
Pria, 53 tahun.

Dok, sy sdh batuk selama 3 bulan. Kemarin cek lab semua hasil cek hematologi bagus, retikulosit bagus, HbA1C bagus, CRP kualitatif negatif. Rontgen thorax juga bagus cor dan pulmo nya, tdk ada inflitrasi paru. Tapi batuknya tdk sembuh2, apakah mungkin ada alergi? Terimakasih dok

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Batuk Tidak Kunjung Sembuh.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang Anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)

Asma

Infeksi: Tuberkulosis (TBC) ataupun infeksi Mikopalsma, infeksi sinus

Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease): Penyakit reflux biasanya disertai keluhan rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. 

Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor) 

Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung) Jika keluhan Anda disebabkan karena alergi, maka batuk Anda tidak membahayakan lingkungan sekitar.

Namun, jika batuk Anda disebabkan karena infeksi TBC maka batuk Anda dapat menularkan orang disekitar Anda.

Terkait kondisi Anda kami sarankan agar memeriksakan diri ke dokter spesialis paru. Bila perlu dokter perlu melakukan tes alergi atau pun pemeriksaan dahak Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Batuk Tidak Kunjung Sembuh. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar