Sukses

TB Putus Obat

30 Jul 2018, 10:08 WIB
Wanita, 22 tahun.

Malam dok, saya mw tanya 5hari ini awalnya tengorokan saya sakit jika nelan ludah. Dan beberapa hari kemudian saya mulai pilek, batuk berdahak. Tengorokan saya sangat gatal. Dan sanagat sulit bernafas. 7tahun yang lalu saya mempunyai riwayat penyakit paru2, setelah saya merasa cukup sembuh saya berhenti minum obat hanya 1bulan saja. Apakah penyakit paru2 saya bisa kambuh lagi? Dan bagaimana cara menyembukannya? Jika bisa berobat jalan lg. Saya ingin minum obat sampai jangka yg telah ditentukan. Saya ingin sehat. Saya menyesal saya berhenti minum obat yg saharusny saya minum 6bln Terima kasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan layanan  Tanya Dokter Klikdokter.com

Pengobatan tuberkulosis (TB) paru membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut agar kuman penyebab TB dapat benar-benar dituntaskan dan pasien dinyatakan terbebas dari penyakit TB melalui pemeriksaan fisik, laboratorium dan rontgen. Lama pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6-9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 ( pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus). Pada kasus putus obat, kuman yang tersisa dapat menjadi lebih resisten/kebal terhadap pengobatan yang Anda, dan menimbulkan komplikasi yang lebih serius, sehingga dapat dibutuhkan obat tambahan atau pengobatan yang lebih lama. 

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi juga perlu diperhatikan untuk menunjang sistem pertahanan tubuh (imunitas) melawan penyakit, disertai istirahat cukup dan kontrol ke dokter yang menangani untuk memantau respon pengobatan.

Saran kami, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis paru untuk dilakukan evaluasi ulang. Karena jika Anda memang putus obat TB paru maka diperlukan pengobatan kategori 2 dan dinilai apakah ada komplikasi yang terjadi karena menghentikan pengobatan TB paru.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar