Sukses

Tidak Haid Beberapa Bulan

29 Jul 2018, 22:48 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok saya menikah bln 3 kemaren tp slma ini saya baru menstruasi 1 x di bln april sampai sekaranf tidak pernah haid lagi Saya testpack hasilnya negative Badan saya juga smkn menggemuk apa ini epek samping dr tidak datang bulan.. Apa solusi terbaik untuk saya dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kondisi yang Anda alami disebut sebagai amenorea sekunder. Amenorea sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 bulan berturut-turut atau lebih.

Penyebab terjadinya amenore sekunder antara lain:

  • Aktivitas fisik yang terlalu berat (ekstrem)
  • Terlalu kurus (lemak tubuh kurang dari 15 – 17%). Keadaan ini mempengaruhi proses pembentukan hormon. Jika seorang perempuan mengalami kelainan makan, seperti anoreksia atau bulimia, perubahan hormonal yang disebabkan dapat berujung pada berhentinya menstruasi.
  • Obesitas. Adanya jaringan lemak yang berlebih pada seorang yang mengalami obesitas juga mempengaruhi proses ovulasi (pengeluaran sel telur dari indung telur).
  • Stress psikis. Stress dapat mempengaruhi fungsi hipotalamus sehingga menstruasi berhenti. Karena itu jika stress berkurang, menstruasi muncul kembali.Penggunaan obat-obatan tertentu seperti antidepresan, antipsikotik, obat kemoterapi, dan kortikosteroid oral.
  • Selain itu juga amenore sekunder dapat disebabkan karena tumor hipofifis atau gangguan pada sistem reproduksi wanita.

Untuk memastikan penyebab, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan. Jika tidak ada masalah pada sistem reproduksi ataupun kelenjar hipofisis, maka penanganan amenore sekunder lebih banyak terkait dengan pola hidup yaitu dengan mengurangi stres, mengatur pola makan dan aktivitas serta berolah raga teratur.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar