Sukses

Mengatasi Selulit
29 Jul 2018, 22:29 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok,saya mau bertanya tentang selulit yang timbul di bagian paha dan betis saya karena beberapa bulan lalu saya mengalami kenaikan berat badan. Apakah selulit dapat di hilangkan dan bagaimana cara menghilangkan selulit? Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya seputar menghilangkan selulit atau stretchmark menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Selulit atau stretchmark adalah sama. Selulit terjadi karena jaringan ikat terdesak oleh lemak sehingga menyebabkan lemak terlihat dibawah kulit dan menyebabkan penampilan tampak seperti kulit jeruk.

Faktor pencetus selulit antara lain:

  • Faktor hormonal. Hormon memegang peranan penting dalam terbentuknya selulit. Hormon estrogen, insulin, noradrenalin, hormon tiroid dan prolaktin dipercaya memegang peranan dalam proses tersebut.
  • Genetik. Faktor genetik seperti jenis kelamin, ras, metabolisme tubuh yang lambat, dan distribusi lemak di bawah kulit juga merupakan faktor pencetus.
  • Diet. Individu yang makan terlalu banyak lemak, karbohidrat, garam, dan kurang serat juga lebih rentan memiliki selulit.
  • Faktor gaya hidup. Selulit juga lebih sering timbul pada perokok, individu yang kurang aktivitas/olahraga, dan mereka yang sering duduk atau berdiri dalam waktu lama. Hal ini berkaitan dengan peredaran darah yang kurang adekuat.
  • Pakaian. Pakaian dalam yang terlalu ketat pada bagian bokong juga dapat mengurangi aliran darah pada area tersebut sehingga memicu timbulnya selulit.

Hingga kini, belum ada penanganan yang dapat menghilangkan selulit hingga 100%. Penanganan dengan suntikan cairan kimia perlu dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin atau dokter terlatih.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar