Sukses

Anak Tiba-Tiba Tidak Mau Makan

29 Jul 2018, 14:09 WIB
Wanita, 27 tahun.

selamat siang dok, saya mau tanya dok ttg anak saya yg susah banget makan, anak saya perempuan usia 8 bulan TB.68cm ,BB.7,2ons awalnya makan apah saja masuk dok,tp sejak muntah"krn masuk angin lg pilek juga anak saya jd susah bgt makan,saya sampai bingung dok yg anak saya mau makan itu seperti roti,buah"an,biskuit.cm kalau utk nasi, sayuran campur ikan dll anak saya g mau makan sdh seminggu ini dok , saya khawatir BB g naik"dan efeknya nnti jd g suka makan nasi sm lauk .mohon utk solusinya ya dok di tunggu jawabannya, terima kasih .

Terimakasih Anda telah  menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Beberapa penyebab yang menyebabkan anak tidak mau makan diantaranya adalah :

Memakan cemilan padat kalori menjelang jam makan, sehingga anak tidak merasa lapar. Contohnya permen, minuman ringan, coklat, chiki, dll. Akibatnya ketika jam makan tiba anak sudah kekenyangan.Minum susu terlalu banyak. Secara gizi, susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja. Kalsium dan fosfor sendiri mudah kita dapatkan dalam ikan-ikanan, sayur & buah. Kurangikonsumsi susu berlkebihan dan mulailah melatih anak dengan berbagai jenis makanan. Ubah pola pikir orangtuaBosan dengan menu makan ataupun penyajian makanan. Variasikan menu makanan dengan baik.Anak sedang dalam fase 'negativistik'. Bina komunikasi yang baik dengan anak. Bersabarlah menghadapi anak.Anak sedang sakit / sedih. Anak tidak mau makan dapat juga disebabkan karena anak sedang sakit atau sedang sedih.Apabila anak Anda minum susu, coba Anda berikan dengan jumlah yang lebih kecil namun sering.

Berikut ini kami sertakan tips yang dapat membantu anak untuk menyenangi makanan dan makan dengan lebih mudah:

 Mengurangi cemilan yang membuat anak kenyang Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda. Sajikan makanan yang cukup bervariasi kepada anak sehingga anak tidak bosan. Tambahkan susu secukupnya. Jangan berikan susu pada anak dalam jumlah berlebihan. Jumlah susu yang berlebihan akan menyebabkan anak kekenyangan sehingga anak tidak mau makan lagi. Cukup 2-3 gelas susu sehari. Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannya Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagiBila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujianJika keadaan tersebut berlangsung beberapa lama dan menghawatirkan bagi Anda, maka sebaiknya konsultasikan kesehatan Anda kepada dokter spesialis anak yang merawat Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan,semoga bermanfaat 

    0 Komentar

    Belum ada komentar