Sukses

Nyeri Pasca Operasi Tulang di Kaki

29 Jul 2018, 09:02 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya mau tanya. 2 bulan lalu saya mengalami kecelakaan yg menyebabkan tulang paha saya patah & ketika kaki saya diikat oleh salah satu perawat, kayu / bambu untuk mengikat kaki saya tertancap pada ujung kaki saya (didaerah dekat mata kaki) sehingga menyebab kan luka sampai berjendol & bernanah. Kaki saya terasa sakit, panas & seperti di tusuk2, 2 minggu lalu saya sudah melakukan operasi di bagian luka yg tertusuk tapi kenapa masih terasa sakit yah dok? Ujung kaki saya juga bengkak & susah untuk di gerakan, padahal luka patah tulang saya tidak terasa sakit. Saya sudah rutin minum antibiotik & penghilang rasa nyeri yg di berikan dokter, tapi rasa sakit yg di kaki saya tidak kunjung reda. Terima masih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Lama penyembuhan patah tulang biasanya 6-12 bulan. Namun, secara keseluruhan waktu penyembuhannya bervariasi bergantung pada jenis patah  tulang (terbuka atau tertutup), jenis fraktur (patahnya), lokasi patah tulang, derajat kerusakan dan pendarahannya.

Proses penyembuhan tulang dapat dibantu dengan asupan nutrisi yang tepat dengan makanan bergizi secara seimbang yang mengandung karbohodrta, lemak, protein, mineral yang cukup untuk membentuk kembali jaringan yang rusak. Penambahan suplemen kalsium, vitamin D dan vitamin C secukupnya juga diperlukan. Kalsium berperan dalam pembentukan tulang, vitamin D membantu penyerapan kalsium secara maksimal, sedangkan Vitamin C membantu produksi kolagen yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan tulang. Selain itu, sebaiknya hindari aktifitas atau gerakan yang memberikan beban terhadap tulang yang patah. Lakukan latihan atau rehabilitasi untuk menambah kekuatan otot dan mempercepat penyembuhan. Mengenai jenis latihannya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis rehabilitasi medik.

Namun bila timbul keluhan seperti nyeri terus menerus yang semakin berat, kami sarankan Anda kembali berkonsultasi ke dokter yang mengoperasi Anda atau dokter spesialis orthopedi untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut apakah terdapat komplikasi dari kondisi patah tulang tersebut atau komplikasi dari operasi. Karena setiap tindakan bedah pasti memiliki kemungkinan komplikasi. Saat dievaluasi kemungkinan akan dilakukan foto rontgen dada kembali oleh dokter.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar