Sukses

Alergi Susu Sapi

28 Jul 2018, 16:12 WIB
Wanita, 25 tahun.

Hallo dok .. saya mau tanya anak saya berusia 2 bulan dikepala ada bentol merah" disertai nanah .. saya sudah cek ke dokter ktanya biang kringet dokter lain bilang alergi susu sapi memang anak saya tidak ASi melainkan sufor .. apakah kemungkinan anak saya mengalami alergi susu sapi atau cuma tidak cocok dengan merk susunya ??

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Alergi susu sapi merupakan reaksi alergi yang melibatkan antibodi IgE terhadap satu atau lebih fraksi protein yang ada di dalam susu. Alergi susu sapi sering dikacaukan dengan intoleransi laktosa oleh karena gejalanya yang serupa. Bagaimanapun, intoleransi laktosa dan alergi susu sapi tidak berhubungan. Alergi susu sapi adalah reaksi alergi yang dipicu oleh sistem imun, sedangkan intoleransi laktosa terjadi akibat masalah sistem pencernaan.

Anak dapat mengalami gejala alergi susu langsung setelah mengonsumsinya (reaksi cepat) atau muncul setelah beberapa jam atau beberapa hari setelah konsumsi susu (reaksi lambat). Gejala alergi susu sapi biasanya muncul beragam, namun ada 3 gejala yang tersering muncul. Diantaranya adalah:

1. Gejala pada saluran pencernaan (50-80%), seperti sakit perut, mual, muntah dan diare

2. Diikuti dengan gejala pada kulit (20-40%), berupa ruam, bengkak dan gatal pada kulit

3. Saluran pernapasan (4-25%) berupa sesak napas atau mengi

Alergi susu sapi dapat dideteksi dengan tes darah dan/atau prosedur sederhana yang disebut uji cukit kulit. Jika anak Anda benar menderita alergi susu sapi, hindari makanan yang berbahan dasar susu sapi seperti keju, biskuit susu, dsb.

Sebagai alternatif, susu kedelai, susu beras, dan susu nabati lain dapat menggantikan susu sapi, namun perlu diketahui bahwa 20% anak yang alergi susu sapi juga memiliki alergi terhadap susu kedelai.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar