Sukses

Botak di Usia Muda

27 Jul 2018, 23:38 WIB
Pria, 22 tahun.

Usia saya masih relatif muda, tetapi saya sudah mengalami gejala kebotakan dibagian dahi yg samping dan membentuk angka M, 2 tahun ini saya bekerja di rumah sakit, sehingga bnyak menghirup cairan keras, pdhal sbelum kerja rambut saya lebat, solusinya gmna ya dok, atau obat yg perlu digunakan, terimakasih

Terima Kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Salah satu jenis kebotakan pada pria usia dewasa muda dikenal dalam dunia medis dengan Male Pattern Alopesia (Alopesia Androgenika). Kebotakan ini biasanya muncul pada akhir umur dua puluh atau awal umur tiga puluh. Rambut rontok dimulai dari puncak kepala sampai dengan bagian dahi. Rambut batas dahi menjadi mundur dan dahi terlihat lebar. Penyebab kelainan ini adalah keturunan yang dominan. Bila pasangan suami istri sama-sama menderita penyakit ini maka semua anak laki-laki dan setengah jumlah anak wanita akan mengalami hal yang sama. 

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kerontokan rambut seperti:

  • banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
  • hindari streshindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut
  • rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah
  • cukup istirahat
  • stop merokok (pada yang merokok)
  • hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas
  • hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit untuk dievaluasi akan kemungkinan adanya infeksi jamur pada kulit kepala Anda atau penyebab lain yang mendasari.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar