Sukses

Berat Badan dan Perkembangan Anak 10 Bulan

27 Jul 2018, 22:04 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok maaf saya mau tanya.. Saya punya anak usia 10bulan.. Bb ya 6,6 tinggi badannya waktu 9 bulan 72,0 cm... Normal ga dok anak saya dengan usia 10 bulan bb hanya 6,6... Setiap periksa ke bidan saya selalu tanya apakah anak saya punya penyakit.. Tapi kata bidan tidak ada penyakit yg serius.. Waktu lahir anak saya bb cuman 2,2 donk... Apakah normal bb anak saya sekarang dok... Di usia 10 bulan anak saya sudah bisa berdiri pegangan dan sambil melangkah sedikit demi sedikit dok.. Dan sudah tumbuh gigi 4 ... Normalkah anak saya.. Apa anak saya mempunyai penyakit serius Apakah saya harus konsultasi sama dokter anak Terima kasih sebelumnya dok..

Terimakasih telah bertanya tentang Berat Anak 10 Bulan melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Berdasarkan WHO, tinggi badan pada anak perempuan usia 10 bulan berkisar antara 69-74cm (rata-rata 71,5cm ) dan berat badan berkisar antara 7,5-9,6 kg (8,5 kg). Sedangkan tinggi badan anak laki-laki usia 10 bulan antara 71-75,6 cm (rata-rata 73,3 cm ) dan berat badan berkisar antara 8,2-10,3 (rata-rata 9,2 kg). Apakah anak Anda perempuan atau laki - laki?

Berdasarkan keterangan yang anda berikan, berat badan anak anda memang kurang dari normal. Apakah anak anda mengalami kesulitan makan? Apakah anak anda sering demam? Kami sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak agar dilakukan pemeriksaan langsung dan diketahui penyebab keluhan anak anda.

Pada anak usia 10 bulan, biasanya perkembangan anak yang seharusnya sudah dialami adalah:

Perkembangan motorik

Pada anak usia ini, bayi sudah bisa merangkak, beranjak berdiri dari posisi duduk, agak berjongkok/membungkuk ketika duduk kembali dan sedang senang memegang semua benda di sekitarnya termasuk tangan Anda. Sedangkan untuk bisa berjalan, biasanya masih dibutuhkan waktu beberapa bulan lagi. Pada usia 10 bulan, koordinasi bayi Anda juga sudah mulai meningkat. Anak sudah bisa memegang benda-benda kecil sendiri. Oleh karena itu perhatikan juga jangan sampai bayi Anda tersedak. Selain itu, biasanya ia juga sudah bisa memegang satu benda pada tangannya dan melakukan hal lain dengan tangan satunya.

Perkembangan verbal

Bayi pada usia ini sudah bisa mencoba mengulang apapun yang Anda lakukan, mulai dari cara Anda menyisir rambut atau memegang handphone. Bayi Anda akan mendengar perkataan Anda seksama dan melihat reaksi Anda terhadap sesuatu. Pada usia ini, bayi juga sudah mulai bisa mengerti dan mengikuti perintah singkat seperti: "tepuk tangan" atau "melambaikan tangan".

Tips untuk bayi Anda yang berusia 10 bulan:

Meskipun bayi Anda belum bisa berbicara, libatkan ia dalam perbincangan. Misalnya ajak ia mengobrol dengan menggunakan bantuan boneka. Cara ini akan membantu bayi Anda untuk belajar kata-kata baru. Perdengarkan musik. Musik apapun baik pop, country, klasik, dsb. Bayi Anda akan senang mengikuti iramanya dan sesekali mencoba berjoget.Pada usia ini, anak biasanya sudah bisa menggumam, membuat kontak mata dan merespon perkataan dan perbuatan Anda.

Untuk memastikan penyebab keluhan anak Anda, kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter spesialis anak. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar