Sukses

Setelah Perawatan Orthodonti Selesai

27 Jul 2018, 19:51 WIB
Wanita, 22 tahun.

Sore dok, nama saya endah, saya udah 4 tahun pakai behel dok dan seminggu yg lalu saya bru lepas behel tanpa menggunakan retainer krna bbrapa alasan. pertanyaan saya kira2 gigi saya bisa berantakan lagi gak dok? Terus kira2 berapa lama ya gigi saya bertahan rapi? Karna udah 1 sminggu ini gigi saya masih rapi. Trimakasih sblm nya dok:)

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Penggunaan retainer sesudah melepaskan kawat gigi bertujuan untuk mempertahankan posisi dan hubungan gigi-geligi yang sudah rapi dan harmonis antara gigi atas dan bawah. Gigi selalu memiliki kecenderungan untuk bergerak karena adanya gaya saat melakukan gerakan pengunyahan, apalagi saat seseorang masih dalam usia pertumbuhan (rata-rata di bawah 17 tahun) dimana tulang rahang terus bertumbuh dan posisi gigi mengikuti pertumbuhan tulang rahang.

Berapapun usia pasien, setelah perawatan orthodontik selesai dan alat dilepas, tetap berpotensi untuk relaps. Apalagi pada pasien yang masalahnya tidak sebatas gigi (dental) saja tapi juga tulang rahang (skeletal), misalnya rahang bawah yang lebih maju dan menyebabkan gigitan menjadi edge to edge/ tepi gigi depan atas kontak dengan tepi gigi depan bawah atau gigitan silang/crossbite. 

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar