Sukses

Hasil VDRL dan TPHA

27 Jul 2018, 10:41 WIB
Pria, 18 tahun.

Slamat sore, saya ingin bertanya, hasil tes VDRL/RPR sama TPHA saya dua duanya non reaktif, apakah ini maksudnya negatif? barusan saya coba searching di internet hasil non reaktif biasanya bisa berarti negatif atau bisa juga berarti belum aktif? berdasarkan gejala yang saya rasakan, saya rasa jika memang betul saya terinfeksi sifilis, seharusnya sekarang saya masih berada pada tahap primer, gejala saya berupa terdapat benjolan kecil berupa jerawat pada kepala penis saya yang 1 minggu kemudian berubah menjadi luka, tapi sudah semuh 2 hari terakhir ini. saya akui sekitar 3 minggu yang lalu saya melakukan hubungan seksual yang beresiko pada situs di internet yang saya baca di situ dikatakan "Hasil pemeriksaan serologi (TPHA atau VDRL) biasanya negatif sebelum stadium I kompleks primer ini." apakah ini berarti saya bersih dari penyakit ini atau anibodinya saja yang belum aktif? Apakah saya harus melakukan pemeriksaan ulang? Mohon penjelasannya.

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai VDRL/TPHA melalui fitur tanya dokter.

 

Veneral Disease Research Laboratory (VDRL) adalah pemeriksaan skrining untuk penyakit sifilis. TPHA atau Treponema Pallidum Hemaglutination Assay adalah suatu pemeriksaan spesifik untuk mengetahui infeksi Treponema Pallidum (organisme penyebab sifilis), yang biasanya dilaksanakan sebagai langkah tindak lanjut pemeriksaan VDRL. Pada orang sehat, hasil kedua tes tersebut non reaktif atau negatif. 

Namun pemeriksaan ini dapat memberikan hasil negatif palsu (penyakitnya ada tetapi hasil test negatif) misalnya pada fase infeksi akut atau awal penyakit. Umumnya disarankan mengulang serologi sifilis dalam 2-4 minggu apabila terdapat paparan atau kecurigaan infeksi sifilis secara klinis. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar evaluasi dapat dilakukan secara menyeluruh. 

Demikian, semoga bermanfaat.

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar