Sukses

Penyebab Gatal di Tubuh

27 Jul 2018, 10:41 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok, saya itu udh gatel lama kan tiap saya ke dokter cuma d kasih obat terus gailang2 gatel nya. ada ruam ruam kaya gtu dok terus gatel nya parah sampe saya udh ga sabar lagi, jadi kira2 obat nya apa yah dok? Padahal saya menjaga kebersihan tubuh, mandi hampir 3 kali sehari, takutnya gara2 keringat kan, saya juga jarang kegiatan yang menimbulkan banyak keringat, mohon solusinya yah dok, terimakasih

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai gatal di tubuh melalui fitur tanya dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyakit kulit paling baik untuk didiagnosis berdasarkan pemeriksaan langsung karena begitu banyak penyakit kulit yang dapat menunjukkan gambaran serupa. 

Kelainan di kulit dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang diduga berpengaruh antara lain:

Faktor eksternal: gigitan serangga, kontak dengan pemicu alergi (alergen),  faktor fisik seperti panas, dingin, cahaya.Faktor internal: stres emosional dan faktor psikologis lain

Faktor hormon / endokrin

Alergi makanan dan obat

Infeksi: tonsilitis dan sinusitis kronik

Anemia kekurangan zat besi, dan

Riwayat keluarga dengan dermatitis atopik, asma ataupun alergi.

Yang dapat Anda lakukan sementara ini adalah:

Pilih sabun bayi yang mengandung banyak moisturizer

Gunakan pelembab pada tangan Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering.

Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan.

Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya dan gunakan pakaian yang menyerap keringat. Hindari pakaian yang memicu gatal seperti bahan wool.

Bagaimanapun, untuk dapat mendiagnosa suatu penyakit harus dibuktikan melalui pemeriksaan langsung oleh dokter. Untuk itu, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis dan terapi lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar