Sukses

Nyeri Leher Belakang

27 Jul 2018, 05:58 WIB
Pria, 49 tahun.

Beberapa hari terakhir ini saya merasa sakit leher belakang sebelah kanan persis di bawah kepala.semakin kesini pada waktu makan atau ngobrol pun leher belakang saya sakit.tensi darah terakhir 139/85.ditambah tangan terasa panas tp tidak demam.sakit apa saya ini? Terima kasih dok.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Nyeri di belakang kepala hingga leher yang Anda alami sepertinya disebabkan oleh tegangan otot/kekakuan otot akibat postur yang kurang baik atau posisi tidur yang salah. Tegangan ini kemudian memunculkan rasa nyeri kepala di sisi belakang kepala hingga ke leher. Rasanya seperti ditarik atau kepala seperti ditekan. Nyeri kepala jenis ini disebut dengan tension-type headache.

Rahang yang sakit saat mulut terbuka lebar dan mengunyah sepertinya berhubungan dengan gangguan pada temporomandibular joint (TMJ) yaitu sendi untuk membuka dan menutup mulut. Gangguan TMJ juga dapat menimbulkan/memperparah sakit kepala yang sudah ada. (Baca: Rahang Nyeri Bila Membuka Mulut)

Timbulnya nyeri kepala biasanya dipicu oleh hal tertentu. Anda perlu mengenalinya agar nyeri kepala dapat dihindari. 

Berikut adalah hal-hal yang dapat meringankan/mencegah sakit kepala yang Anda rasakan:

  • Hindari pemicu sakit kepala. Perhatikan dan catat hal-hal yang memicu sakit kepala Anda sehingga dapat dihindari. Termasuk rincian kapan sakit kepala dimulai, apa yang sedang dilakukan saat itu, dan berapa lama sakit kepala itu muncul.
  • Hindari penggunaan obat-obatan yang berlebihan. Penggunaan obat-obat sakit kepala lebih dari 2x seminggu dapat meningkatkan keparahan dan kekambuhan sakit kepala. Selalu konsultasikan dengan dokter tentang penggunaan obat-obatan ini.
  • Miliki waktu tidur yang cukup, kurang lebih 7-8 jam semalam. Disarankan pula agar Anda tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya.
  • Jangan lewati waktu makan. Konsumsi makanan sehat di waktu yang kurang lebih sama setiap harinya. Hindari makanan/minuman yang mengandung kafein, karena dapat memicu sakit kepala. Kurangi berat badan apabila berlebih.
  • Usahakan miliki waktu olahraga yang rutin, ini akan meningkatkan performa fisik dan mental serta mengurangi stress. Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai dan mulailah perlahan sesuai dengan kemampuan Anda.
  • Kurangi stress. Stress merupakan pemicu sakit kepala yang paling sering. Atur dan sederhanakan jadwal kegiatan Anda serta buat perencanaan yang baik. Usahakan selalu berpikir positif. Teknis relaksasi seperti meditasi, yoga, atau tai chi dapat mengurangi stress.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar