Sukses

PCOS, Anovulasi dan Penebalan Dinding Rahim

26 Jul 2018, 08:33 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya mau tanya, apa ada hubungan nya antara pcos, anovulasi dan penebalan dinding rahim? Karna awal saya ke spog dia menyatakan kalau dinding rahim saya terlalu tebal, tidak lama kemudian saya cek lagi, katanya saya pcos tapi di tulis diagnosa nya menstruasi tanpa ovulasi, jadi bagaimana ya dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan TanyaDokter di Klikdokter.com

Halo,

Berbagai istilah yang anda sebutkan mungkin membingungkan bagi anda, kami akan berusaha menjelaskannya.

Anovulasi adalah tidak dikeluarkannya sel telur dari indung telur (ovarium). Beberapa faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan anovulasi, antara lain:

  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS), selengkapnya bisa dibaca disini
  • Gangguan hormonal lain
  • Obesitas atau penurunan berat badan ekstrem.

Gejala yang dapat dilihat, antara lain tidak adanaya menstruasi (amenore), menstruasi yang jarang, menstruasi yang tidak teratur, peningkatan pertumbuhan rambut pada tubuh dan wajah (berhubungan dengan sindrom ovarium polikistik). Karena dasarnya adalah ketidakseimbangan hormon, penatalaksanaannya tentu dengan memberikan preparat hormon.

Rahim terdiri dari 3 lapisan yaitu :

  • Perimetrium : lapisan terluar rahim
  • Miometrium : lapisan tengah rahim yang terdiri dari lapisan otot rahim
  • Endometrium : lapisan dalam rahim yang terdiri dari membran mukosa

Lapisan yang menebal dan menipis ketika siklus menstruasi datang adalah lapisan endometrium (dinding rahim). Lapisan endometrium sendiri terdiri atas :

  • Lapisan fungsional : lapisan ini akan meluruh ketika menstruasi datang dan akan menebal dan dipenuhi oleh pembuluh darah untuk mempersiapkan implantasi / perlekatan janin di bawah pengaruh hormonal
  • Lapisan basal : lapisan dasar endometrium yang melekat ke miometrium

Siklus menstruasi sendiri terdiri atas 3 fase :

  • Fase menstruasi : Hari ke-1-4 dimana lapisan endometrium paling tipis dan berukuran < 8 mm
  • Fase proliferasi : Hari ke 5-14 dimana ketebalan lapisan endometrium berada dalam taraf sedang
  • Fase sekretorik : Hari 15-28 dimana ketebalan lapisan endometrium sedang dalam kondisi optimal untuk perlekatan janin (8-13mm)

Penebalan dinding rahim, dalam dunia medis sering disebut dengan hiperplasia endometrium. Penebalan dinding rahim karena ketidakseimbangan hormonal, terjadi peningkatan hormon estrogen yang tidak diimbangi oleh hormon progesteron. Memang penebalan dinding rahim sering menyebabkan rasa sakit atau perdarahan melalui vagina yang memanjang. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya anemia (kurang darah). Hiperplasia endometrium bukanlah kanker, namun dalam beberapa kasus dapat berkembang menjadi kanker.

Hiperplasia endometrium terbagi menjadi 3 tipe yaitu: Simplek, Kistik, Atipik. Penanganannya individual tergantung pada keparahan ketebalan endometrium Anda apakah dengan tindakan kuretase, pemberian obat hormon atau jika terdeteksi adanya kemungkinan kanker maka biasanya dilakukan pengangkatan rahim (histerektomi).

Untuk itu hal ini paling baik didiskusikan kembali dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda mengenai keadaan anda saat ini.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat

    1 Komentar

    • Gin******a

      Jadi memang ada kaitan ya dok? Tidak ovulasi dan penebalan itu bisa di sebabkan oleh si pcos tadi?