Sukses

Anak Demam dan BAB Cair
25 Jul 2018, 12:12 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat malam dokter. Anak saya yg usia 3 tahun 6 bulan tiba2 dari jam 8 malem ini tadi diare. Tinja bener2 encer berwarna gelap dan bau menyengat. Diare sudah 3x, ketika pukul stg 11 malam tiba2 anak saya menjadi demam saya ukur suhunya mencapai 39,6 beberapa saat kemudian anak saya muntah dok. Tanpa pikir panjang karna anak saya pernah kejang, saya minta bantuan om untuk antar anak saya ke bidan. Tetapi saya tidak bisa ikut ke bidan karna harus menjaga anak bayi saya. Kata tante saya yg anter tidak apa2. Tapi saya tetap khawatir dok. Ini anak saya demam tinggi tetapi telapak tangan dan kaki sangat dingin. Apa penyebab telapak kaki dan tangan yg dingin ? Apakah berbahaya kondisi yg seperti ini ?

Terima kasih telah bertanya seputar anak demam dan BAB cair menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Demam adalah peningkatan suhu tubuh melebihi normal (temperatur normal tubuh berkisar antara 36 - 38 derajat celcius) yang merupakan mekanisme tubuh dalam menghantam virus atau infeksi bakteri sehingga tidak selalu berbahaya. Demam merupakan suatu gejala dan bukanlah penyakit. Sulit bagi kami untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada anak Anda tanpa didahului oleh pemeriksaan fisik dan penunjang yang terkait.

Apabila suhu anak Anda sudah mencapai 39 derajat C, maka Anda harus waspada karena pada suhu ini anak Anda mengalami demam tinggi yang dapat berisiko terjadinya kejang. Oleh karenanya, demam tinggi harus segera diturunkan dengan cara apapun. Berikan anak Anda obat penurun panas. Anda pun juga dapat mengompres seluruh badan anak Anda (tidak hanya kepala) dengan air suhu ruangan. Kompres harus diperas dan direndam di air kembali secara teratur. Jaga stamina anak Anda dengan memberikan asupan nutrisi seimbang, istirahat yang cukup dan konsumsi air putih sedikitnya 2 liter per hari.

Diare akut pada anak umumnya disebabkan oleh virus. Namun bisa juga disebabkan oleh infeksi bakteri, parasit atau lainnya. Untuk mendiagnosa penyebab pastinya biasanya diperlukan pemeriksaan feses. 

Penanganan yang paling penting pada diare anak adalah untuk mencegah kekurangan cairan yang hilang dari buang air besar dan muntah. Berikanlah oralit sebanyak 10 mL/kg berat badan anak tiap buang air besar cair dan 5 mL/kg berat badan anak setiap muntah. Jika asupan cairannya kurang, sebaiknya anak dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pemasangan cairan infus (intravena) untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Biasanya Dokter juga dapat memberikan suplementasi zinc dengan dosis 1 x 10 mg selama 10 hari.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan anak Anda ke Dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung, sehingga diagnosa pun dapat ditegakkan dan anak Anda akan mendapatkan tata laksana terbaik.

 

Demikian informasi seputar anak demam dan BAB cair yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar