Sukses

Seputar BCG

25 Jul 2018, 11:11 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok .saya mau bertanya saat ini ank sya umur 2 bln blm bcg .apa msh bisa dok di bcg umur 2 bulan

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum Menjawab pertanyaan Anda, Kami akan sedikit membahas tentang Imunisasi BCG.

Pemberian imunisasi BCG ditujukan untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap penyakit yang ditimbulkan oleh kuman Mycobacterium tuberkulosis. Penyuntikan dilakukan sebelum usia 3 bulan, optimal pada usia 2 bulan. Penyuntikan vaksin dilakukan intrakutan (dibawah kulit, tidak didalam otot) pada lengan kanan atas, hal ini sudah menjadi kesepakatan nasional.

Apa alasan anak anda dilakukan penyuntikan BCG pada paha? apakah anda yakin vaksin yang diberikan adalah BCG? karena umumnya yang disuntikkan pada paha adalah vaksin DPT atau campak.

Pada lokasi suntik imuniasasi BCG akan timbul tanda menyerupai bisul. Jika reaksi ini muncul lebih cepat, misalnya seminggu setelah pemberian, berarti tubuh anak sudah terinfeksi TB. Padahal normalnya, tanda itu paling cepat muncul pada 2 minggu setelah anak divaksinasi BCG. Namun rata-rata, benjolan pada kulit muncul setelah 4­6 minggu.

Sedangkan Untuk memastikan keberhasilan vaksinasi BCG adalah dengan melakukan tes tuberkulin. Hasil uji tuberkulin yang positif menunjukkan bahwa tubuh telah bereaksi terhadap vaksin yang diberikan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar