Sukses

Penyebab Gatal pada Kaki

25 Jul 2018, 11:11 WIB
Pria, 21 tahun.

Saya ingin menanyakan, awalnya tempurung kaki saya mengalami gatal di susul dengan luka atau koreng kecil dan setelah saya garuk luka semakin membesar dan akhirnya kering. Tidak lama gatal dan luka bermunculan di area kaki dengan gejala yg sama, lalu tidak hanya di kaki tetapi gatal dan luka berbentuk bulat dan benjol ada di di area skortum dan leher penis rasa gatal yang amat sangat. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengobatinya? Terima kasih

Terima kasih telah bertanya mengenai gatal pada kaki melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Gatal pada kaki dapat disebabkan oleh penyakit kulit maupun penyakit lain yang tidak berhubungan langsung dengan kulit.

Penyakit kulit yang menyebabkan gatal-gatal pada kaki, yaitu:

Dermatitis kontak alergi, misalnya akibat baru mengganti merk deterjen pakaianInfeksi jamur kakiDermatitis atopik (karena ada bakat alergi)PsoriasisBekas lukaGigitan seranggaKulit keringSkabiesSedangkan penyakit lain yang berhubungan dengan gatal pada kaki, yaitu:

Penyakit hatiKolestasis, aliran empedu tidak lancarKankerNeuropati perifer, gangguan saraf yang biasanya berhubungan dengan diabetes mellitusPenyakit ginjalPenyakit tiroidKaki yang gatal akan menimbulkan kelainan pada kulit yang dapat berupa blister (seperti melepuh), kulit pecah-pecah, kulit kering bersisik, kemerahan pada kulit, bengkak, dan titik-titik putih pada kulit. Namun, pada beberapa kasus kaki yang gatal bisa tidak disertai kelainan kulit tersebut.

Karena kami tidak dapat melihat langsung bagaimana kondisi kaki Anda, kami tidak dapat mendiagnosis dengan tepat. Kelainan kulit perlu dilihat langsung dengan mata untuk bisa dibedakan apa penyebabnya. Karena itu, segera periksakan ke dokter kulit. Apalagi, gatal yang Anda alami sifatnya kambuh-kambuhan. Bila gejala dirasa memburuk juga segera periksakan diri.

Untuk sementara ini, apabila gatalnya amat mengganggu, Anda dapat mengkonsumsi antihistamin seperti cetirizine atau loratadine 1 kali sehari.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai gatal pada kaki. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar