Sukses

Anak Diare Berlendir
25 Jul 2018, 10:09 WIB
Wanita, 30 tahun.

Saya mau tanya dok,soal anak saya umur 6 bln minggu yang lalu baru keluar rumah sakit panas hingga 40 derajat kejang d sertai BAB berlendir,nah sekarang panas lagi naik turun d sertai bab lagi tpi babnya tidak sering 4 x sehari cuma berlendir ada merah2nya gitu itu akibat apa ya dok?dan apa untuk solusinya

Terima kasih telah bertanya tentang Anak Diare Berlendir melalui fitur Tanya Dokter

Buang Air Besar (BAB) yang berlendir dapat disebabkan oleh berbagai penyebab diantaranya adalah peradangan usus atau infeksi bakteri. Karena itu, untuk penanganannya tergantung penyebabnya, misal penyebabnya adalah bakteri maka perlu diberikan obat antibiotik.

Untuk dapat menemukan penyebabnya, diperlukan penelusuran lebih lanjut, diantaranya dengan pemeriksaan analisis tinja dan darah di laboratorium. Oleh karena itu kami menganjurkan Anda untuk konsultasi dengan Dokter Spesialis Anak dan melakukan pemeriksaan tersebut. Hasil tersebut dapat menunjukkan apakah memang terjadi infeksi bakteri atau dikarenakan penyebab lainnya.

Perlu diketahui bahwa diare pada anak perlu diwaspadai karena tubuh anak yang sebagian besar terdiri atas cairan (80%) sehingga akan mudah sekali menjadi dehidrasi (kekurangan cairan) akibat diare. Yang diperlukan adalah mengawasi jumlah cairan di dalam tubuh anak.

Adapun indikator paling mudah untuk melihat anak kekurangan cairan atau tidak adalah melihat BAK anak. Apabila sudah mulai berkurang dan berwarna pekat, merupakan tanda anak kekurangan cairan. Bila anak masih dapat minum maka dapat diberikan cairan elektrolit, jika anak sudah lemas dan tidak dapat minum maka perlu dilakukan penambahan cairan dan elektrolit melalui infus. Tanda lainnya adalah tidak adanya air mata sewaktu anak menangis dan anak menjadi lemas atau kurang aktif dibandingkan dengan biasanya.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Anak Diare Berlendir. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar