Sukses

Rahang Bawah Patah Karena Kecelakaan

25 Jul 2018, 09:50 WIB
Wanita, 20 tahun.

Halloooo Dok, beberapa bulan yg lalu tepatnya bulan februari saya mengalami kecelakaan. tulang rahang bawah saya patah dan dagu retak 'faktur mandibula' kata dokter yg menangani saya waktu itu dan dianjurkan segera oprasi dan pasang pen. kevetulan ketika kecelakaan terjadi saya sedang diluar kota jauh dr keluarga, lalu keluarga saya membawa saya pulang dengan keadaan daerah dagu bengkak dan tak bisa membuka mulut. lalu saya lanjut pemeriksaan di kota saya dan sampe sekarang oprasinya tertunda karna saya pengguna bpjs, kebetulan RS yang mempunyai alat nya hanya ada di situ. kondisi saya saat ini sudah beraktifitas seperti biasa lagi bengkak sudah tidak makan juga sudah biasa hanya saja terkadang terasa pegal dikarenakan rahang yg patah membuat urutan gigi bawah saya juga terbelah. ini memang tidak apa2 jika oprasinya ditunda atau bagaimana dok? terimakasih

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Perawatan yang diperlukan pada tulang rahang yang patah meliputi perawatan pendahuluan dan perawatan definitif. Perawatan pendahuluan yang diperlukan terdiri dari pemeriksaan dalam rongga mulut, terapi obat, kontrol rasa sakit dan lainnya. Lalu perawatan definitif berupa reduksi, fiksasi dan imobilisasi.

Dalam menentukan terapi yang tepat bagi keadaan Anda dibutuhkan pertimbangan yang matang untuk menentukan prioritas perawatan yang akan dilakukan. Kondisi dari fraktur tersebut  seperti seberapa parah, lokasinya dan lain-lain akan menentukan apakah perlu dilakukan operasi atau tidak. Sebaiknya keadaan ini segara ditangani oleh dokter gigi spesialis Bedah Mulut (SpBM) dan tidak ditunda guna menghindari resiko yang mungkin terjadi.

Demikian informasi yang dapat diberikan, terima kasih.

0 Komentar

Belum ada komentar