Sukses

Hasil Pemeriksaan PSA

25 Jul 2018, 09:18 WIB
Pria, 42 tahun.

Sore dokter... Saya mau tanya mengenai proses pemeriksaan sampai dengan tindakan untuk diagnosa prostat berapa lama ya..? Sebagai gambaran saja bahwa bapak saya umur 72 thn. Menderita nyeri bagian tulang kaki dan punggung. Setelah di bawa ke RS dokter yg menangani meminta untuk diperiksa MRI. Setelah beberapa hari kemudian bapak di rongten.., setelah beberapa hari lagi di PSA. Pertanyaan saya lagi.., itu bedanya apa ya..? MRI, Rongten, sama PSA. Krn menurut sepengetahuan saya cukup MRI aja sdh jelas penyakit bapak saya. Dan sampai saat ini bapak saya sdh 10 hr di RS. Belum ada tindakan dan hasil keputusan pasti apapun dari RS. Boleh gak saya tahu tindakan apa yg musti saya lakukan kepada pihak RS ato jalan apa yg musti sy lakukan..? Secara bapak saya sdh semakin tersiksa dgn penyakitnya dan juga lama berada di RS. Terimakasih..

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Hasil Pemeriksaan PSA melalui fitur Tanya Dokter.

Prostate serum antigen (PSA) merupakan salah satu Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan untuk membantu mengidentifikasi keberadaan kanker prostat. PSA bersifat spesifik terhadap prostat tetapi tidak spesifik untuk kanker. Peningkatan kadar serum dapat pula ditemukan pada keadaan hipertropi prostat jinak, infeksi atau peradangan prostat (prostatitis), infeksi saluran kencing dan kondisi non-keganasan lainnya.  Sedangkan Diagnosis pasti kanker prostat ditentukan oleh adanya suatu gambaran adenokarsinoma (keganasan) pada spesimen biopsi prostat atau aspirasi sitologi.

Nilai normal PSA adalah 0-4 ng/mL. Belum terdapat nilai batas terendah yang diterima secara universal, tapi pada kebanyakan penelitian digunakan nilai batas > 4 ng/mL lebih berisiko terhadap kanker prostat, tapi apabila nilainya >10 ng/mL menandakan risiko tinggi terjadi kanker.

Untuk itu perlu juga dilakukan pemeriksaan penunjang lainnya, yaitu digital rectal examination (DRE), konsentrasi prostate serum antigen (PSA) dan transrectal ultrasonografy (TRUS).

Jika salah satu alat diagnostik yang digunakan memberikan nilai abnormal, maka kemungkinan positif pada biopsi sekitar 6-25%. Tetapi kalau ketiga alat diagnosis tersebut digunakan, dan ketiganya memberikan nilai abnormal maka kemungkinan positif pada biopsimenjadi 56-72%.

Sayang sekali anda tidak menyebutkan satuan yang digunakan pada hasil pemeriksaan PSA ayah Anda. Dengan hasil PSA yang demikian, kami anjurkan anda untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter urologi yang menangani ayah Anda, mengenai kejelasan diagnosis dan perlu atau tidaknya diperlukan pemeriksaan lain untuk menegakkan diagnosa pasti kanker prostat pada ayah Anda. Sedangkan pemeriksaan MRI dan rontgen diperlukan untuk mengetahui apakah ada kelainan pada tulang, otot dan saraf pada ayah Anda. Mengingat keluhan ayah Anda adalah nyeri. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Hasil Pemeriksaan PSA. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar