Sukses

Sariawan Yang Tak Kunjung Sembuh

25 Jul 2018, 07:31 WIB
Pria, 20 tahun.

Selamat pagi dok,saya mau bertanya,ibu saya sudah menderita sariawan sudah sejak satu bulan lebih yang lalu,sariawan di bawah lidah yang tak kunjung sembuh tersebut berukuran melingkar bulat seperti berwarna putih bercak di bagian pinggirnya,kemudian ibu saya juga mengeluh sakit tenggorokan,nyeri ketika menelan dan terkadang sakit kebagian telinga,menurut dokter gigi hal tersebut diakibatkan ada gigi yang tajam yang menyebabkan gesekan ke bagian lidah,sehingga menyebabkan sariawan yang tak kunjung sembuh,menurut dokter apakah diagnosa yang tepat untuk itu dok? Dari yang saya baca saya menduga itu tanda-tanda atau gejala kanker lidah,kemudian hal apa yang harus saya lakukan dok? Terimaksih mohon info dan pencerahannya terimakasih

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Seperti pada kasus Anda, sariawan berasal dari gigi yang tajam sehingga perlu dilakukan pengasahan pada gigi tersebut agar tidak menimbulkan sariawan lagi. Dan yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

Mengingat luka dalam rongga mulut dapat berindikasi beberapa penyakit ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis Penyakit Mulut (SpPM) agar dapat diperiksa secara langsung dan dipastikan diagnosa dan penyebabnya, terutama bila sariawan tersebut berulang atau tidak kunjung sembuh dalam 2 minggu. Jika pada saat anda ke dokter gigi namun tidak ditemukan penyebab sariawan maka anda bisa konsultasi ke dokter umum untuk memeriksakan keadaan nutrisi dalam tubuh anda secara menyeluruh. Sementara menunggu ke dokter gigi, anda bisa berkumur dengan larutan kumur yang mengandung Chlorhexidine.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar