Sukses

Obat untuk Serangan Jantung

24 Jul 2018, 16:08 WIB
Pria, 39 tahun.

Dokter, nama obat untuk pertolongan awal apa ? obat apa yg harus di konsumsi setiap hari untuk mengurangi penyumbatan krna saya juga mengidap penyakit angina atau angion duduk ini dok. mohon petunjuknya. trima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sekilas akan kami jelaskan mengenai serangan jantung.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. 

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan obat jantung yang diletakkan dibawah lidah (nitrogliserin sublingual). 

Selain gejala, tentunya dibutuhkan pemeriksaan tambahan, seperti pemeriksaan rekam jantung (EKG) untuk memastikan apakah keluhan yang Anda alami disebabkan karena penyakit jantung. Gejala penyakit jantung dapat dicurigai apabila Anda memiliki beberapa faktor risiko terkait, seperti :

Merokok, berapapun jumlahnyaKadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang tinggiHipertensiKadar kolesterol HDL yang rendahDiabetes MellitusUsia lanjutObesitas (IMT > 25 mg/m2)Kebiasan kurang bergerak/aktivitas fisikRiwayat keluarga menderita PJK pada usia muda ( < 55 tahun untuk pria dan < 65 tahun untuk wanita)Penyakit jantung koroner disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah koroner yang disebabkan oleh penumpukan plak-plak lemak sehingga menyebabkan aliran darah dan nutrisi ke jantung berkurang. Pencegahan penyakit jantung koroner antara lain adalah perubahan gaya hidup yang meliputi:

Olahraga teratur, tidak perlu olahraga intensitas tinggi, oleharaga intensitas sedang 20 menit per hari seperti berjalan dan bersepeda.Jika Anda meiliki tekanan darah tinggi, kontrol tekanan darah Anda dengan obat yang diberikan dokter, selain itu hindari konsumsi garam berlebih. Konsumsi garam dibatasi 2 sendok teh per hari untuk orang dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.Kontrol gula darahPerbanyak konsumsi sayur dan buah-buahanHindari konsumsi lemak berlebih seperti goreng-gorengan dan makanan bersantanHindari stressHindari MerokokUntuk pengobatan pertama yang seringkali digunakan saat terjadi serangan jantung ialah dengan mengonsumsi obat Isosorbite Dinitrate (ISDN) di bawah lidah. ISDN bekerja dengan melebarkan pembuluh darah sehingga aliran dari dan ke jantung menjadi lebih cepat. Pada saat serangan jantung terjadi penyempitan pada pembuluh darah. ISDN memiliki efek samping sakit kepala, hipotensi (tekanan darah rendah) dan refleks takikardia (nadi cepat). ISDN dikontraindikasikan pada kasus glaukoma (peningkatan tekanan bola mata), perdarahan otak, hipotensi dengan tekanan darah sistolik yg rendah, gangguan sirkulasi akut, infark miokardium akut dengan tekanan pengisian rendah. Oleh sebab itu, sebaiknya sebelum menggunakan obat ini Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis jantung yang menangani Anda dan bila memang dibutuhkan dokter Anda dapat meresepkannya kepada Anda.

Yang terpenting ialah, bila Anda atau kerabat mengalami serangan jantung, setelah mengonsumsi ISDN, segera pergi ke dokter agar dapat dilakukan penatalaksanaan lebih lanjut.

Berikut kami lampirkan artikel yag sekiranya bermanfaat bagi Anda:4 Cara Mencegah Serangan Jantung

5 Pertolongan Pertama Serangan Jantung

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar