Sukses

Telinga Seperti Tersumbat

24 Jul 2018, 14:50 WIB
Pria, 17 tahun.

Saya kan waktu itu ngebersihin kotoran telinga saya pakrk cutonbad tapi mungkin terlalu dlem jadi telinga saya serasa kayak ada yg tersumbat. Terus saya tetesein pkek obat tetes stelah beberapa hari udh smbuh. Saya pikir kan sdah smbuh tpi trnyata stiap kali daya membaringkan badan lama kelamaan telinga saya mampet lgi. Itu gmna ya dok?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Telinga Seperti Tersumbat melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Perasaan telinga tersumbat saja dapat disebabkan karena Anda mengalami apa yang disebut dengan serumen obturans (prop) dimana kotoran telinga mengeras dan sulit untuk dikeluarkan dan mungkin letaknya di telinga bagian dalam yang tidak terjangkau pembersih telinga. Penyebab lainnya rasa tersumbat pada telinga karena perbedaan tekanan, jika Anda melakukan olah raga renang, atau olah raga dengan kecepatan tinggi roller coaster, bungee jumping, dll) dapat mempengaruhi tekanan dalam telinga sehingga dapat tercipta sensasi seperti telinga tersumbat.

Flu juga dapat menyebabkan perasaan tersumbat pada telinga. Keluhan rasa penuh di telinga bisa disebabkan juga oleh infeksi telinga telinga atau otitis media akut.  Untuk memastikan apa penyebabnya diperlukan pemeriksaan secara langsung, tidak bisa hanya melalui tanya jawab. Maka dari itu kami sarankan agar Anda kontrol kembali ke dokter spesialis THT untuk evaluasi lebih lanjut.

Kami sangat tidak menganjurkan penggunaan cotton bud. Cotton bud justru dapat semakin mendorong kotoran teling ke dalam dan dapat menyebabkan gendang telinga pecah apabila terlalu dalam.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Telinga Seperti Tersumbat. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar