Sukses

Buta Warna
24 Jul 2018, 14:20 WIB
Pria, 24 tahun.

Hallo dok, mohon infonya apakah buta warna berpengaruh dlm pekerjaan back office? Dan buta warna tsb apakah dlm jenis penyalit atau apa? Terima kasih

Terima kasih karena Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Buta warna dapat bersifat total atau parsial. Buta warna total berarti seseorang hanya dapat melihat hitam-putih (gradasi warna abu-abu) dan sangat jarang ditemukan. Pada orang dengan buta warna parsial, terdapat beberapa warna yang tidak dapat dibedakan. 

Sel-sel yang fotosensitif pada mata disebut dengan konus. Keberadaannya membuat kita dapat melihat warna. Konus terletak pada bagian tengah/pusat retina dan mengandung pigmen fotosensitif yang dapat mendeteksi warna merah, hijau, dan biru. Penderita buta warna mengalami kekurangan atau tidak adanya pigmen-pigmen tersebut. 

Umumnya, gangguan penglihatan warna merupakan kelainan bawaan (genetik). Dalam beberapa kasus, keadaan ini dapat "didapat" seperti pada proses penuaan, gangguan mata tertentu (glaukoma, degerasi makular, katarak, atau retinopati diabetes), cidera pada mata, dan efek samping beberapa obat. 

Buta warna yang diturunkan (genetik) tidak dapat disembuhkan atau dikoreksi. Beberapa gangguan penglihatan warna yang didapat dapat ditangani, tergantung penyebabnya. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk "mengakali" keadaan buta warna parsial adalah dengan penggunaan lensa kontak warna (untuk membantu membedakan warna) atau kacamata yang memblok cahaya yang menyilaukan mata.

Dengan adanya kondisi buta warna parsial, mungkin saja ada masalah saat melakukan praktik seperti tindakan bedah, dll. Yang paling penting dipikirkan adalah apakah kondisi tersebut akan membahayakan atau berisiko pada pasien yang ditanganinya nanti. Sebaiknya keponakan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter mata untuk memastikan sejauh mana kondisi buta warna yang ada.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar