Sukses

Pertanyaan - #254430

24 Jul 2018, 09:04 WIB
Pria, 49 tahun.

Bapa/Ibu dokter yang terhormat, saya seorang suami , setiap saya mau melakukan hubungan badan dengan isteri saya selalu mengeluh karena rasa nyeri pada seputaran vagina, hal ini disebabkan karena dulu saat istri saya akan melahirkan anak di rumah sakit, itu para bidan dan suster membantu dengan memasukan tangan kedalam vagina isteri saya untuk mempercepat kelahiran anak, akibatnya hingga sekarang setiap kali mau hubungan badan isteri saya selalu mengeluh kalau saya dan isteri saya mau hubungan badan . mohon petunjuk cara mengatasinya. terimah kasih.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri saat berhubungan (dispareunia) dan keputihan menggunakan fitur Tanya Dokter

Nyeri saat berhubungan intim di dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah dispareunia. Nyeri ini dapat terjadi saat penetrasi (masuknya penis ke dalam vagina) di awal, pertengahan, ketika orgasme, maupun ketika hubungan intim sudah selesai. Dispareunia dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah berkurangnya hormon estrogen yang menyebabkan vagina menjadi kering, kurang 'foreplay' atau 'pemasanan' sehingga lubrikasi (pelicin) pada vagina kurang, vaginismus atau kontraksi pada otot vagina yang umumnya disebabkan karena trauma atau perasaan takut, endometriosis atau pertumbuhan endometrium (lapisan rahim) di luar rahim, infeksi pada vagina, luka pada vagina, infeksi pada serviks (mulut rahim) sehingga ketika terjadi penetrasi dalam maka akan timbul rasa nyeri, peradangan pada panggul yang dapat diakibatkan oleh infeksi pada saluran reproduksi dan panggul, keputihan atau flour albus, adalah cairan yang keluar dari vagina/liang kemaluan (bukan darah). 

Untuk memastikan penyebab nyeri pada istri Anda sebaiknya dikomunikasikan dengan istri terlebih dahulu, adakah faktor psikologis, keputihan, dll dan juga konsultasikan dengan dokter kebidanan Anda. Sedangkan penyebab nyeri karena bantuan tangan ketika proses persalinan, berapa usia anak saat ini?  Keluhan ini biasanya berangsur berkurang seiring dengan penyembuhan luka paska melahirkan.  

Demikian informasi tentang nyeri vagina saat berhubungan intim (dispareunia). Semoga bermanfaat

1 Komentar

  • amb******ata

    "TANYA DOKTER " bagus sekali, yang penting mau bertanya Pasti SEHAT, Insya Allah ... Bapak/ibu dokter terma kasih... mulia lah .... a m i n ...