Sukses

Pertanyaan - #254429

24 Jul 2018, 09:04 WIB
Wanita, 18 tahun.

Doksudah hampir fua hari ini saya merasakan nyeri di bagian perut kanan bawah.nyeri itu kadang tidak tersa kalo saya duduk tapi kalo berdiri itu terasa dok.saya mengalami sakit apa ya dok? Disisi lain juga saya sedang mengalami tanda tanda haid dok.apa yang harus saya lakukan ya dok?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih sudah bertanya pada fitur Tanya Dokter,

Beberapa organ tubuh yang terletak di perut bagian kanan bawah, mulai dari kulit, otot, saraf, dan usus. Dari beberapa organ tersebut, memang penyebab tersering timbulnya keluhan nyeri perut kanan bawah adalah akibat adanya peradangan pada usus buntu (appendisitis). Nyeri perut pada usus buntu umumnya dimulai dari daerah ulu hati, kemudian berpindah ke daerah perut kanan bawah. Biasanya keluhan nyeri perut pada usus buntu disertai pula dengan keluhan pencernaan (seperti penurunan nafsu makan, mual, muntah, diare, dll) dan memiliki tanda yang khas pada pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter. Demam juga dapat timbul, tetapi biasanya kenaikan suhu tubuh tidak akan lebih dari 38ºC. Jika ditemukan peningkatan suhu tubuh melebihi 38ºC maka kemungkinan besar sudah terjadi proses peradangan yang lebih luas di daerah perut.

Nyeri perut pada wanita bisa juga berkaitan dengan organ reproduksi yang terdapat di bagian kanan misalnya ovarium kanan ataupun jaringan adneksa. Infeksi saluran kemih dan batu saluran kemih juga bisa menimbulkan keluhan nyeri.Karena banyaknya penyebab nyeri perut, diperlukan wawancara medis menyeluruh, pemeriksaan fisik secara langsung, dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Maka dari itu, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter secara langsung.

Semoga penjelasan kami dapat bermanfaat,

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar