Sukses

Pertanyaan - #254426

24 Jul 2018, 09:04 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok , setelah saya operasi pelepasan pen.Tangan saya bengkak dan nyeri sekali pada bagian jahitannya mungkin (masih di perban) gimana cara menghilangkan nyerinya? terimakasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya pada fitur Tanya Dokter,

Nyeri dan bengkak pada pelepasan pen adalah hal yang wajar terjadi. Untuk mengurangi nyeri dan bengkak, umumnya dokter akan memberikan obat untuk diminum. 

Selain obat, di rumah Anda dapat melakukan beberapa hal. Pertama untuk aktivitas, hindari aktivitas berat menggunakan tangan. Batasi aktivitas menggunakan tangan secara wajar. Namun juga tidak total mengistirahatkan tangan, sebab istirahat total dalam jangka waktu lama akan menyebabkan tangan menjadi kaku dan sulit untuk digunakan beraktivitas. Apabila masih bengkak dan nyeri dapat dikompres dengan menggunakan air es selama 15 menit. Apabila bengkak sudah berkurang, Anda dapat mengompresnya dengan air hangat untuk membantu meredakan nyeri dan kerusakan jaringan yang terjadi. Air hangat akan menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan aliran darah ke daerah cedera lebih banyak. 

Ketika keluhan belum juga membaik, kunjungi dokter Anda kembali. Konsumsi makanan bergizi seimbang jangan sampai dilupakan. Proses penyembuhan membutuhkan nutrisi yang memadai.

Semoga informasi kami dapat bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar