Sukses

Mengatasi Bayi Susah Makan

24 Jul 2018, 13:01 WIB
Wanita, 30 tahun.

Salam dok, Saya mau tanya. Bayi sy skrg sdh 6 bln 3 minggu..kalo di kasi MPASI suapan ke empat dia langsung semburin ato gak nangis sejadi2nya..sperti nolak banget kalo di kasi mkn..padahal makanannya enak dan di buat puree..sy khawatir dgn pertumbuhannya..soalnya dia lebih banyak dan doyan ASi ketimbang MPasi..kira2 solusinya bgm y dok agar anak sy suka MPasi?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Mengatasi Bayi Susah Makan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan tentang mengatasi bayi susah makan.

Jumlah porsi makan bayi memang sedikit dan tidak bisa dipaksakan diberikan banyak. Yang penting susu juga masih banyak dikonsumsi oleh bayi Anda. Selama berat badan dan tinggi badan bayi Anda masih dalam batas normal maka tidak perlu dikhawatirkan. Berikan juga MPASI yang sesuai agar dapat memenuji kebutuhan gizi anak Anda. Anda bisa mengontrol pertumbuhan bayi Anda dengan rajin ke dokter agar dapat dilihat status gizi dan perkembangan bayi Anda dengan grafik WHO. Cara yang dapat Anda lakukan adalah berikan variasi MPASI untuk anak Anda.

Ingat bahwa pemberian makanan pada bayi merupakan ikatan ibu dengan anak dan merupakan hubungan orangtua dengan anak yang bisa dimulai sejak dini. Jangan sekali-kali memarahi anak atau memaksakan makanan kepada si kecil. Buatlah makan menjadi suasana yang menyenangkan untuk si kecil dan juga untuk bunda. Saat memberikan makanan kepada si kecil ingatlah untuk berikan interaksi positif selama pemberian makanan, berikan pujian kepada si kecil untuk tindakan yang tepat, dan berikan batasan dalam makan.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis Anak bagian Tumbuh Kembang jika Anda khawatir dengan ketidakcukupan nutrisi bayi Anda serta penggunaan multivitamin sesuai dengan usia bayi Anda. Selain itu, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter tentang keterlambatan perkembangan anak Anda sehingga keterlambatan tersebut dapat segera diatasi.

  

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Mengatasi Bayi Susah Makan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar