Sukses

Obat Yang Aman Untuk Ibu Menyusui

24 Jul 2018, 12:50 WIB
Wanita, 27 tahun.

Selamat sore. DR. saya ayu ingin bertanya saya sedang mengalami sakit lambung terakhir saya berobay ke spesialis penyakit dalam. Katanya usus saya infeksi memang selama ni berasa periih bgt dibagian perut dan lambung saya ini. Salah satu nya ni kmrn saya dikaaih obat Neciblok Sucralfate 500 mg. Saya ni kan masih menyusui apakah memang aman untuk ibu menyusui minum obat itu. Kmrn saya lupa bgt beri tahu Dr nya klo saya masih menyusui anak saya yg usia 1 setengah tahun. Mohon konfirmasi penjelasannya ya dok. Terimakasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Obat Yang Aman Untuk Ibu Menyusui melalui fitur Tanya Dokter.

Sakit maag dalam dunia medis disebut juga dengan dispepsia. Sindrom dispepsia merupakan suatu kumpulan gejala saluran cerna terdiri dari perut kembung, terasa penuh sehingga mudah kenyang, perut perih di bagian atas (ulu hati), sering bersendawa, mual, muntah, dll. Dispepsia dapat terjadi pada penyakit tukak lambung atau gastritis fungsional (maag). Gastritis fungsional yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Gastritis fungsional dapat diatasi dengan jadwal makan yang teratur, mengurangi pemicu seperti stres, menghindari makanan yang merangsang asam lambung seperti makanan pedas, asam dan terlalu berbumbu, kopi serta mengonsumsi obat maag bila terjadi kekambuhan akut. Berbeda lagi dengan tukak lambung. Pada tukak lambung terdapat perlukaan di daerah dinding lambung, paling banyak disebabkan oleh bakteri H. pylori.

Sucralfate atau sukralfat adalah obat untuk mengobati tukak pada usus halus. Sucralfate akan membentuk lapisan pelindung pada tukak untuk melindunginya dari infeksi lanjutan. Lapisan pelindung ini akan membantu mempercepat proses penyembuhan tukak. Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan sucralfate pada ibu hamil atau menyusui. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter yang memberikan Anda obat tersebut untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D (ada bukti bahwa berisiko) menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Obat Yang Aman Untuk Ibu Menyusui. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar