Sukses

Pertanyaan - #254420
24 Jul 2018, 09:04 WIB
Wanita, 22 tahun.

Saya mau menanyakan dok, 2 hari lalu saya mengalami kecelakaan leher saya ke tarik pengait helm, setelah kecelakan terasa ada yang mengganjal di tenggorokan dan sakit untuk menelan, bila saya menengok ke kanan untuk menelan tidak terasa terlalu sakit bila menengok ke kiri baru terasa sakit, kira kira penyakit apa ya dok yang saya alami? Bagaimana langkah2 pengobatannya?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter,

Nyeri leher dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, termasuk:

Strain otot. Terlalu sering digunakan, seperti terlalu banyak jam membungkuk di atas setir, sering memicu strain otot. Bahkan hal-hal kecil seperti membaca di tempat tidur atau mengertakkan gigi dapat mengganggu otot leher.

Kompresi saraf. Herniated disk atau tulang taji di tulang belakang leher Anda dapat mengambil terlalu banyak ruang dan menekan saraf yang bercabang keluar dari sumsum tulang belakang.

Cedera. Tabrakan auto-end sering mengakibatkan cedera whiplash, yang terjadi ketika kepala tersentak ke belakang dan kemudian maju, meregangkan jaringan lunak leher di luar batas mereka.

Penyakit. Nyeri leher kadang-kadang dapat disebabkan oleh penyakit, seperti rheumatoid arthritis, meningitis atau kanker.

Menurut penjelasan yang Anda berikan, kemungkinan disebabkan karena adanya cedera. Hal yang dapat dilakukan dirumah adalah, pertama kompres dengan es yang dibalut dengan kain atau handuk, kompres akan mengurangi nyeri dan pembengkakan otot yang terjadi setelah cedera. Lakukan kompres selama 15-20 menit sebanyak 5-6 kali sehari pada 2-3 hari pertama paska cedera. Kedua, untuk mengurangi nyeri Anda boleh saja mengonsumsi obat penghilang nyeri dan mengurangi peradangan seperti asam mefenamat, parasetamol atau ibuprofen. Pada hari-hari berikutnya (setelah 3 hari setelah cedera awal), gunakan handuk hangat di leher atau mandi air hangat apabila sudah tidak ada bengkak. Hal ini akan membantu penyembuhan otot yang cedera.

 Apabila keluhan tidak membaik, kemungkinan Anda membutuhkan pertolongan dokter. Kunjungi dokter untuk pemeriksaan lanjutan seperti USG dan panduan untuk penggunaan collar neck atau neck brace.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, ya

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar