Sukses

Pertanyaan - #254068

24 Jul 2018, 11:25 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok mau tanya, Kaki kanan saya tiba-tiba ada bintik-bintik merah pada pori-pori, namun tidak terasa gatal. Lama-lama pada bintik itu muncul trombositnya. Saya kenapa ya, dok?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya pada fitur Tanya Dokter,

Dalam dunia medis yang Anda alami disebut juga dengan peteki. Peteki atau bintik merah pada kulit sering dijumpai pada kasus kelainan kulit dan kelainan darah. Pada kelainan kulit misalnya garukan yang menimbulkan kerusakan jaringan kulit dapat menyebabkan timbulnya bintik-bintik merah pada kulit. Peteki adalah keluarnya sel darah merah ke kulit dan selaput lendir dengan gejala bintik-bintik kemerahan yang tidak menghilang dengan penekanan.  Kapiler darah yang rusak akan menyebabkan darah menyusup/merembas ke dalam jaringan sekitarnya kemudian menimbulkan warna kemerahan pada kulit yang terkena. Dalam beberapa hari warna bintik dapat berubah dari kemerahan menjadi kecoklatan seperti karat besi.

Pada dasarnya dapat terjadi akibat kelainan pembuluh darah, trombosit, dan gangguan pembekuan darah, namun dapat terjadi spontan pada beberapa orang dengan keadaan berikut:obat-obatan tertentu: obat pengencer darah (warfarin, clopidogrel); obat golongan antiradang nonsteroid (OAINS/NSAID) seperti aspirin; obat golongan steroid (prednison)kondisi media tertentu: kelainan darah, sirosis hati, autoimun, leukemia, penurunan kadar trombosit dalam darah pasca infeksi virus, dsb 

Untuk itu perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda alami saat ini. Saran kami sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan penyebabnya, agar dapat segera dilakukan tatalaksana secara optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar