Sukses

Pertanyaan - #254067

24 Jul 2018, 11:10 WIB
Pria, 29 tahun.

Selamat malam dok . Mau tanya ada masalah apa dg pencernaan saya ya dok , kok nafsu makan kaya tidak ada sama sekali . Bahkan kadang sampe badan gemetar tapi ga doyan makan . .akibatnya jadi badan kurus . .terimakasih dok . .

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya tentang tidak nafsu makan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai tidak nafsu makan pasti sangat mengganggu Anda.

Penurunan nafsu makan pada usia dewasa seperti Anda jarang hanya berdiri sendiri. Penurunan nafsu makan biasanya merupakan gejala penyerta dari sebuah penyakit. Pada umumnya nafsu makan akan kembali normal setelah penyakit tersebut teratasi. Kondisi tersebut tidak terlalu mengkhawatirkan kecuali berlangsung selama lebih dari satu atau dua hari.

Tidak nafsu makan dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti penyakit lambung atau maag, mual dan muntah, depresi atau stres. 

Bila nafsu makan hilang dalam jangka waktu lama dapat berakibat Malnutrisi, yaitu kurangnya makanan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, yang masalah serius utama dari kehilangan nafsu makan jika berlangsung selama lebih dari beberapa minggu. Efek jangka panjang lainnya terkait dengan penyebabnya.

Untuk itu, kami menyarankan Anda memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter untuk mencari penyebabnya. Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai tidak nafsu makan. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar