Sukses

Haid Setelah Kuret

24 Jul 2018, 10:07 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat pagi dokter,. Saya mau bertanya.. Saya habis kuret tgl 11 juni, . Dengan usia kehamilan 11 minggu,. Nah pada tanggal 12 juli saya mendapatkan haid,. Hari ke 1-4 itu darah banyak dokter, lalu hari ke 5 tidak keluar.. Hari ke 6,7,8 keluar seperti jaringan kecil hitam,. Lalu kemaluan saya sering gatal setelah kuret dok. Apakah bahaya? Terimakasih..

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter

Prosedur kuret merupakan prosedur bedah di mana leher rahim dilebarkan sehingga dinding rahim dapat dibersihkan dari jaringan-jaringan abnormal.

Jika tidak ada sisa jaringan, biasanya perdarahan pun sudah tidak terjadi. Kesuburan pun akan kembali normal sesegera mungkin. Salah satu tandanya ialah kembalinya siklus haid yang normal.

Siklus haid dapat bervariasi dari lama dan jumlah darah yang dikeluarkan. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Darah haid umumnya akan lebih banyak pada 1-3 hari pertama dan menurun intensitasnya pada hari- hari berikutnya. Jika siklus Anda masih dalam hitungan 21-35 hari dan durasinya 3-7 hari, maka siklus Anda masih tergolong normal.

Gatal pada vagina dapat disebabkan oleh infeksi, terutama infeksi jamur, ataupun iritasi, paling sering karena terlalu banyak penggunaan sabun. Pada infeksi jamur, gejala yang dialami dapat berupa keluar gumpalan-gumpalan putih susu kental, konsistensi seperti tepung, yang dirasakan sangat gatal, dan bisa terjadi kemerahan di kulit sekitar bibir kemaluan. Pada iritasi karena sabun, dapat timbul kemerahan, gatal, sampai kadang dapat terasa perih.

Berikut saran yang dapat kami berikan untuk menjaga kebersihan vagina Anda :

  • Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembabMenghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat
  • Apabila ingin menggunakan panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jam
  • Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan
  • Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.

Untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan fisik langsung. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk tatalaksana selanjutnya.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar