Sukses

Penanganan Bekas Luka Bakar

24 Jul 2018, 09:47 WIB
Pria, 24 tahun.

selamat siang dok, saya pasien kulit luka bakar akibat tersiram air panas, tersiram air panas mendidih bagian paha kiri, dada dan tangan. Saat penanganan luka di rumah sakit saya langsung ditangani specialis bedah tanpa didampingi dokter kulit, saya diharuskan untuk operasi tanpa ada pilihan penanganan lain, dengan alasan jika tidak dioperasi sang dokter tidak bisa menangani luka saya. akhirnya saya pulang dari rumah sakit dan ditangani perawat dan bidan untuk membersihkan luka. karena memang waktu baru masuk IGD dokter jaga bilang hanya luka lapisan terluar dan hanya 19% saja. alhamdulillah luka bakar saya mengering dan mengelupas dalam waktu tidak lebih dari 2 minggu saja. Yang mau saya tanyakan dok, bagaimana untuk mengembalikan warna kulit saya yang terkena luka bakar tersebut dok. sekarang kulit saya berangsur pulih tapi berwarna pink dan lebih putih. mohon pencerahanya..

Terima kasih telah bertanya seputar penanganan bekas luka bakar menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Bekas luka bakar yang Anda alami disebut dengan hipopigmentasi pasca luka bakar. Hipopigmentasi pada kulit disebabkan karena kurangnya produksi melanin (pigmen kulit). Hipopigmentasi dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti albinisme (albino), vitiligo, dan karena kerusakan kulit akibat infeksi, luka bakar, maupun cedera lainnya. Pada kasus Anda akibat luka bakar. Hipopigmentasi akibat luka bakar seringkali tidak permanen, namun memang membutuhkan waktu yang lama untuk mengalami re-pigmentasi.

Untuk kasus Anda, jika inign menghilangkan secara permanen, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Dokter kulit akan memeriksa seberapa luas bekas luka bakar Anda dan memberikan pilihan pengobatan yang paling sesuai untuk kondisi Anda. 

Demikian informasi kami sampaikan seputar menghilangkan bekas luka bakar. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar