Sukses

Haid Setahun 2 Kali

23 Jul 2018, 23:52 WIB
Wanita, 20 tahun.

Assalamualaikum dok saya mau tanya , dari awal saya haid waktu kelas 1 smk sampe sekarang gak lancar , bisa dihitung setahun bisa datang 2 kali tapi sekalinya haid bisa nyampe 1 bulan penuh itu kira kira kenapa yah ? Nah sekarang ditambah kalo haid itu maaf darahnya itu warnanya agak kehitaman pekat terus darahnya itu kalo keluar ngeflek gtu kering sedikit sedikit kira Kirana kenapa ya dok ?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami akan menyimpulkan terlebih dahulu informasi yang Anda sampaikan. Keluhan Anda adalah menstruasi yang berlangsung 1 kali dalam 6 bulan. 

Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Siklus menstruasi yang tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

pada 3-5 tahun pertama setelah menstruasi pertamaperempuan dengan gangguan makan (seperti anoreksia nervosa, bulimia)perempuan dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30stres psikologisatlitkekurangan vitamin Kpenggunaan obat-obatan tertentukelainan pembekuan darahgangguan hormon tiroid, dsbOligomenorea merupakan suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama. Wanita yang mengalami oligomenorea akan mengalami menstruasi yang lebih jarang daripada biasanya. Penyebabnya sangat bervariasi, mulai dari penyebab organik, endokrinologik (hormonal), anatomik, hingga tindakan medis tertentu. Namun seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa keluhan menstruasi tidak teratur wajar ditemukan selama 3 hingga 5 tahun sejak mendapatkan menstruasi pertama. Hal ini terjadi karena tubuh masih melakukan upaya penyesuaian terhadap kondisi hormonal yang dapat mempengaruhi keseimbangannya.

Namun jika Anda sampai mengalami menstruasi 1 kali selama 6 bulan di luar 3-5 tahun pertama, dan ini terus terjadi maka hal ini perlu mendapat perhatian khusus. Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan penyebabnya agar dapat dilakukan tatalaksana secara optimal. Perlu dilakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG atau pemeriksaan hormon untuk mengetahui masalah yang Anda alami.  Setelah mengetahui penyebabnya maka dapat ditentukan segera penanganannya. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar