Sukses

Penyebab Kejang

23 Jul 2018, 12:13 WIB
Pria, 26 tahun.

pagi dok , mau tanya masalah imunisasi .. anak saya yg pertama umur 2 tahun awalnya mengalami kejang selama 1 jam lebih di tangani di rs siloam , diagnosa awalnya status epilepticus , dua hari perawatan anaknya di ct scan dan hasilnya ada penyumbatan cairan di otak nya dan ada riwayat penomonie , di hari ketiga anaknya di imunisasi DPT & polio pagi hari , sore hari nya anak kejang semalaman dan tdk sadarkan diri selama 4 hari dan akhirnya harus di operasi pemasangan vp shunt . sampai sekarang sudah menuju dua bulan anak saya jd tidak bisa sadar total , hanya bisa menggerakan tangan dan kaki dg kaku, anaknya masih belum bisa menangis . pertanyaan inti apakah anak saya seperti ini akibat imunisasi ?

Terima kasih telah bertanya tentang Penyebab Kejang melalui fitur Tanya Dokter

Sebelum memahami definisi mengenai kejang, perlu diketahui tentang seizure dan konvulsi. Yang dimaksud dengan seizure adalah cetusan aktivitas listrik abnormal yang terjadi secara mendadak dan bersifat sementara di antara saraf-saraf di otak yang tidak dapat dikendalikan. Akibatnya, kerja otak menjadi terganggu. Manifestasi dari seizure bisa bermacam-macam, dapat berupa penurunan kesadaran, gerakan tonik (menjadi kaku) atau klonik (kelojotan), konvulsi dan fenomena psikologis lainnya. Kumpulan gejala berulang dari seizure yang terjadi dengan sendirinya tanpa dicetuskan oleh hal apapun disebut sebagai epilepsi (ayan). Sedangkan konvulsi adalah gerakan mendadak dan serentak otot-otot yang tidak bisa dikendalikan, biasanya bersifat menyeluruh. Hal inilah yang lebih sering dikenal orang sebagai kejang. Jadi kejang hanyalah salah satu manifestasi dari seizure.

Kejang dapat terjadi tanpa sebab atau timbul karena suatu gejala dari penyakit yang diderita.

Beberapa penyebab kejang adalah :

  • Epilepsi,
  • Malformasi otak congenital
  • Faktor genetik
  • Penyakit infeksi seperti ensefalitis dan meningitis
  • Gangguan metabilisme (Hipoglikemia,Hiponatremia)
  • Trauma kepala
  • Tumor Otak
  • Toksin/keracunan
  • Gangguan sirkulasi/peredaran darah
  • Penyakit degeneratif susunan saraf.
  • Reaksi keracunan obat

Bila melihat dari riwayat yang Anda sampaikan, penyebab kejang kemungkinan dari sumbatan cairan di otak. Karena itulah setelahnya dokter melakukan tindakan pemasangan saluran yang membantu melancarkan kembali aliran cairan otak. Namun ini hanya dugaan sementara. Penentuan penyebab pasti kejang memerlukan pemeriksaan fisik dan berbagai pemeriksaan penunjang. Alangkah baik bila Anda mendiskusikan kembali hal ini dengan dokter yang menangani.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Penyebab Kejang. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar