Sukses

Melena

23 Jul 2018, 12:14 WIB
Pria, 21 tahun.

dok saya mau tanya tentang penyakit melena, saya cari tahu tentang melena, tapi kebanyakan artikel hematemesis melena ,apakah penyebab melena sama dengan hematemesis? tolong bantu jawab dok, lihat di daftar artikel penyakit bahkan hematemesis melena juga gak ada

Terima kasih telah bertanya tentang Melena melalui fitur Tanya Dokter

Melena adalah keluhan buang air besar yang berwarna hitam seperti teh. Keadaan ini berhubungan dengan adanya perdarahan di dalam saluran pencernaan bagian atas. Warna hitam yang ada disebabkan oleh oksidasi besi dalam hemoglobin darah selama perjalananannya di dalam saluran pencernaan. Bagian saluran pencernaan atas yang dimaksud adalah kerongkongan,  lambung atau usus dua belas jari. Pada lambung atau usus dua belas jari biasanya penyebabnya adalah ulkus atau luka. Sedangkan pada kerongkongan biasanya karena pecahnya pembuluh darah balik yang ada di sana - biasanya berhubungan dengan sirosis hati.

Cara mendiagnosis atau mengetahui penyebab melena adalah dengan melakukan pemeriksaan endoskopi. Pada pemeriksaan ini dimasukkan kamera kecil dengan selang ke dalam saluran pencernaan, dari mulut kemudian gambaran dalan saluran pencernaan dipantau melalui monitor. Jika ditemukan kelainan, dapat dilakukan tatalaksana pada saat itu juga, seperti dengan menjepit bagian yang ulkus sehingga perdarahan berhenti.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Melena. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar