Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Volume Cairan Ejakulasi

23 Jul 2018, 10:19 WIB
Pria, 20 tahun.

CARA ONANI YANG DAPAT MENELUARKAN SPERMA YANG BANAK

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Cairan sperma normal berwarna putih keabuan dengan konsistensi seperti gel. Volume normal cairan sperma dalam satu kali ejakulasi adalah 2-5 mL.

Berikut adalah beberapa penyebab cairan sperma sedikit:

  • Sering melakukan masturbasi atau berhubungan seksual. Masa hidup sperma adalah 2-3 hari, sehingga bila dilakukan lebih dari 1x dalam sehari, cairan sperma yang dikeluarkan akan cenderung encer dan berwarna bening. Penyebab ini bukan berarti sperma yang dihasilkan berkualitas jelek.
  • Oligozoospermia, di mana jumlah hitung sperma kurang dari 15 juta per ml cairan sperma. Untuk kasus ini, jumlah sperma memang cenderung sedikit setiap kali ejakulasi. Penyebabnya paling sering adalah kekurangan Zinc.
  • Defisiensi fruktosa akibat diet yang salah atau olahraga berlebihan dapat membuat cairan sperma encer. Solusinya adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayur.
  • Ejakulasi retrograde di mana cairan sperma tidak ada atau hanya sedikit sekali saat ejakulasi.

Kualitas sperma ditentukan oleh jumlah, pergerakan dan bentuk sperma.

  • Jumlah. Seorang pria dianggap subur/fertil apabila jumlah spermanya paling sedikit 15 juta/mL per kali ejakulasi. 
  • Pergerakan/motilitas. Agar dapat mencapai dan membuahi sel telur, sperma harus berenang melalui saluran reproduksi wanita yang berkelok-kelok, hal ini disebut dengan motilitas. Seorang pria dianggap subur/baik apabila paling sedikit 40% sperma bergerak dan gerakannya cepat dan lurus.
  • Bentuk/morfologi. Sperma normal memiliki kepala yang lonjong dan ekor yang panjang. Walaupun ini merupakan faktor yang kurang penting dibandingkan jumlah dan pergerakan, seorang pria dianggap lebih subur bila sebagian besar sperma bentuknya normal.

Jika Anda merasa ada masalah pada volume cairan sperma Anda kami sarankan Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis Andrologi atau urologi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar