Sukses

Nyeri di Dahi

23 Jul 2018, 08:31 WIB
Pria, 36 tahun.

Saya sering menderita sakit di daerah dahi, mata, hidung, sampai kegigi. Kepala bagian depan di dahi seperti nyeri, mata berat, gatal, berair, pengen dikucek-kucek. Hidung seperti penuh dan gigi seperti penuh kotoran. Semuanya menyatu dalam satu waktu. Terkadang bila minum obat antir nyeri (ibu profen) setelah 1 (satu) hari penyakitnya sembuh, terus kadang-kadang penyakitnya kambuh lagi. Yang saya mau tanyakan kira-kira saya menderita penyakit apa ya dok.. Trima kasih sebelumnya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun perlu dikaji sebelumnya sejak kapan keluhan dirasakan, apakah menetap atau hilang timbul? apakah semakin memberat atau sudah berkurang? adakah faktor yang menyebabkan timbulnya, adakah faktor yang memperingan gejala? Adakah riwayat cedera atau trauma pada area sekitar sebelumnya?

Keluhan Nyeri di Dahi sebenarnya tidak spesifik untuk suatu penyakit. Namun dapat dikaitkan dengan gangguan saraf pada wajah yang disebut dengan neuralgia trigeminal.

Neuralgia trigeminal diartikan sebagai  nyeri seperti tikaman , berlangsung singkat , datangnya tiba-tiba dan berulang yang dirasakan didaerah persarafan satu atau lebih, cabang-cabang dari saraf trigeminus (N.V) yaitu pada daerah wajah. Penderita terkena kebanyakan diatas usia 40 tahun , wanita lebih banyak dari laki-laki .

Untuk memastikannya, mungkin dibutuhkan Pemeriksaan Penunjang seperti MRI , CT-Scan , untuk mendeteksi adanya penyebab neuralgi trigeminal seperti kompresi radiks N.V oleh pembuluh darah , meningioma , sclerosis multiple. Diskusikanlah mengenai tahapan penatalaksaan keluhan anda ini dengan dokter spesialis saraf.

Sementara itu, untuk mengatasi keluhan saat ini dapat diberikan Obat penghilang rasa sakit. Namun penggunaannya tidak dianjurkan sebagai pemakaian rutin atau jangka panjang, karena dapat menyebabkan gangguan lambung.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar