Sukses

Penyebab Mata Bengkak

22 Jul 2018, 10:21 WIB
Wanita, 19 tahun.

Assalamualaikum, Dok saya mau tanya awalnya mata saya itu sakit agak bengkak sedikit kemudian setelah beberapa hari mata saya keluar benjolan saya pikir itu hanya bintitan tapi sudah 1 bulan lebih gailang ilang. Kemuadian saya obati menggunakan bawang putih setelah 3 hari benjolan itu keluar nanah dan swdikit kempes. Tapi sekarang mata saya jadi bengkak dan gatal gatal, kira2 kenapa ya dok, bahaya tidak?

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai mata bengkak melalui fitur Tanya Dokter.  

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda pasti sangat mengganggu Anda. Keluhan yang sudah berlangsung selama sebulan tentunya memerlukan perhatian serius, kunjungilah dokter mata segera untuk mendapatkan pemeriksaan segera.

Mata bengkak atau kelopak mata bengkak merupakan berbagai kelainan pada mata seperti bintittan/hordeolum, peradangan kalazion atau lainnya. Untuk menegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Jika benjolan tersebut adalah benar bintitan, maka dapat dilakukan eksisi (sayatan) untuk dapat mengeluarkan isi dari benjolan, jika benjolannya besar. Sudah berapa lama benjolan Anda rasakan?

Beberapa kemungkinan yang dapat terjadi adalah:

1. Hordeolum atau chalazion (dalam bahasa awam sering disebut dengan "bintitan")

2. Xanthelasma (benjolan yang berupa kumpulan lemak pada kelopak mata)

3. Kista epidermal (merupakan kista kecil yang timbul seringkali karena trauma/gesekan)

4. Kista sebasea (merupakan kista yang sering timbul pada daerah kelopak mata atau daerah alis yang berambut karena sumbatan kelenjar sebasea atau kelenjar lainnya)

5. Milia (benjolan kecil-kecil karena sumbatan pada saluran rambut-rambut halus)

6. Kista sudorifera (merupakan kista kecil di daerah kelopak mata yang disebabkan karena sumbatan kelenjar keringat)

7. Papiloma (pertumbuhan benjolan jinak yang sering terjadi di daerah mata)

8. Nevus (dalam bahasa awam sering disebut dengan "tahi lalat")

Untuk mendapatkan diagnosis yang pasti dan penanganan yang sesuai, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis mata agar dilakukan pemeriksaan langsung dan Anda mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyakit mata Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar