Sukses

Makanan kolesterol dan gula darah tinggi
21 Jul 2018, 16:08 WIB
Wanita, 52 tahun.

Dok, saya mau tanya kalau kolestrol dan gula darah tinggi disarankan untuk makan apa ya? Dan ada pantangan makanan apa saja?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Kolesterol yang tinggi disebabkan oleh konsumsi lemak yang tinggi. Selain itu terdapat faktor keturunan. Makanan yang tinggi akan kolestrol terutama makanan yang mengandung saturated fat seperti makanan siap saji (seperti chicken nugget, burger, sosis) serta jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, hati,  beberapa jenis seafood seperti udang, kepiting, oyster, cumi-cumi dan kerang. Serta tentu daging olahan seperti sosis. Makanan rendah kolesterol diantaranya:

•   Ikan, unggas (ayam, bebek) tanpa kulit, dan potongan daging yang tidak mengandung lemak. Makanan dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau direbus lebih baik dari pada digoreng

•   Hindari makanan jadi seperti sosis, bacon, salami. Batasi jenis makanan jerohan seperti hati, ginjal, otak

•   Gunakan susu, keju, yogurt rendah lemak. Gunakan margarin yang rendah lemak dibandingkan mentega.  Batasi kuning telur, putih telur dapat dimakan bebas

•   Makan sayuran dan buah potong (jangan dijus) serta bahan makanan yang terbuat dari gandum seperti oatmeal, roti gandum

•   Makanan seperti bawang mentah, salmon, almond, minyak zaitun, alpokat dianjurkan

•   Banyak makan makanan yang mengandung vitamin C (pepaya, anggur, jeruk, brokoli) dan vitamin E (gandum, almond, kacang tanah)

 

Sedangkan pengaturan makan pada gula darah tinggi (diabetes) dapat disimpulkan dapat dilakukan dengan 3 hal utama, yaitu :

  • Jadwal makan: makan teratur 3 kali makan besar dan 3 kali makan kecil (6 kali sehari)
  • Jenis makanan: pilih makanan sehat dengan serat, protein nabati, lemak baik, karbohidrat kompleks
  • Jumlah kalori: asupan makanan sesuai kebutuhan kalori per hari. (45-65% karbohidrat, 15-20% protein, <30% lemak, vitamin, mineral, serat) dalam jumlah yang cukup. Silakan konsultasikan kondisi ke dokter Anda.

Namun ketika disajikan dengan belasan jenis makanan lain, seorang dengan diabetes masih boleh mencicipinya dengan catatan :

  • Boleh saja mencoba makanan namun dalam batas wajar, sesuai kebutuhan kalori harian Anda. Kebutuhan kalori harian 25-30 kal/kg BB disesuaikan dengan aktivitas Anda.
  • Cermat pilih menu makanan dengan indeks glikemik rendah seperti makaroni, jeruk, dan apel. Pepaya masih boleh dikonsumsi asalkan pilih yang tidak terlalu matang dan jangan sampai berlebihan. Dengan cara ini gula darah Anda tidak akan meningkat dengan cepat.
  • Setelah menghadiri jamuan makan atau pesta, sebaiknya Anda segera mengecek gula darah harian Anda, apabila nilainya jauh diatas normal yaitu lebih dari 300 mg/dL, segera kunjungi dokter terdekat.
  • Setelah berpesta terkadang pada beberapa pasien diabetes timbul rasa bersalah sehingga keesokan harinya sangat mengurangi porsi makan. Alhasil malah bisa menyebabkan hipoglikemia atau gula darah rendah. Apabila Anda merasa berkunang-kunang, lemas, seperti mau pingsan, segera cek gula darah Anda, apabila rendah, segera konsumsi air teh manis.
  • Apabila Anda merasakan salah satu keluhan lemas, mual, muntah, napas cepat, sulit bernapas, napas berbau seperti buah, nyeri perut, merasa bingung, mengantuk, lesu, merasa sering haus, penglihatan kabur, demam, segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut. Terdapat kondisi dimana tubuh tidak mampu mengatasi kondisi gula darah tinggi yaitu diatas 300 mg/dL sehingga terbentuk badan keton, yang menyebabkan kondisi medis yaitu ketoasidosis diabetik. Kondisi ini dapat mengancam nyawa sehingga harus ditangani dengan serius.
  • Jangan lupakan konsumsi obat penurun gula darah Anda

 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

 

 

1 Komentar