Sukses

Flek Implantasi atau Haid?

22 Jul 2018, 04:00 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok,saya mengalami flek 2 hari yang lalu tapi hanya setetes. Flek itu muncul 1 minggu sebelum jadwal saya haid. apa itu flek mau haid atau flek implantasi ya dok? Tapi saya mengalami gejala seperti pms. flek terjadi tidak seperti biasa y saat saya haid dok. Biasa ya flek berapa jam kemudian darah haid keluar Tapi saya coba tes pack hasil y negatif. apa saya harus tes pack ulang saat sudah lewat masa haid saya

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Flek coklat sebagai tanda awal kehamilan disebut dengan perdarahan saat implantasi (implantation bleeding). Ini terjadi ketika embrio (bakal janin), menempel ke dinding rahim dan menyebabkan 'luka' sehingga dinding rahim berdarah. Perdarahan saat implantasi ini biasanya terjadi 1 minggu sebelum siklus haid berikutnya dimulai. Apabila memang terjadi pertemuan antara sperma dan ovum, perdarahan ini terjadi pada hari ke-6 hingga ke-12 setelah pembuahan (hubungan intim).

Perdarahan implantasi ini hanya berupa flek atau spotting yang berwarna merah muda atau kecoklatan, bukan merah gelap seperti darah haid. Darah ini juga tidak makin banyak, dan akan menghilang dalam hitungan jam atau hingga 2-3 hari kemudian. Perdarahan ini bisa disertai keluhan kram perut bawah.

Bila memang hamil tentunya akan diikuti oleh periode telat haid dan disertai oleh gejala hamil lainnya seperti mual hingga muntah, rasa cepat lelah, sering berkemih, perut kembung, indra penciuman sensitif terhadap aroma tertentu, dan nyeri tekan pada payudara.

Melihat waktunya bahwa ini terjadi 1 minggu sebelum waktu haid yang seharusnya, memang masih mungkin tanda implantasi. Tetapi hasil testpack negatif, sehingga masih mungin ini perdarahan di luar siklus haid.

Silakan tunggu jadwal haid Anda yang seharusnya dan lakukan testpack ulang saat terlambat. Bila hasilnya negatif kembali, artinya Anda memang tidak hamil.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar