Sukses

Keguguran, Masih Bisa Hamil Lagi?

22 Jul 2018, 04:00 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dokter saya mau bertanya, saya melakukan kuretase 2x pada bulan maret dan juli. Pertanyaan saya , apakah saya masih bisa hamil lagi dok?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kuret merupakan tindakan medis yang bertujuan untuk mengambil dan membersihkan sisa perdarahan atau jaringan yang masih ada dan menempel pada dinding rahim. Jika lewat pemeriksaan sudah tidak ada sisa jaringan atau perdarahan di dalam rahim maka tidak diperlukan kuret. Kami sarankan agar Anda memeriksakan ulang kandungan pasca kuret untuk memastikan semua kondisi normal dan tidak ada sisa jaringan lagi.

Jika tidak ada sisa jaringan, biasanya perdarahan pun sudah tidak terjadi. Kesuburan pun akan kembali normal sesegera mungkin. Salah satu tandanya ialah kembalinya siklus haid yang normal. Jadi, Anda bisa hamil kembali.

Akan tetapi, bila keguguran terjadi berulang, perlu dievaluasi apa penyebabnya, apakah ada faktor autoimun yang mendasari. Sebaiknya, Anda melibatkan dokter kandungan yang konsultan fertilitas (SpOG-KFER) sejak awal merencanakan kehamilan berikutnya. Ini agar keguguran tidak lagi terjadi.

Baca juga: Berulang Kali Keguguran, Apa Penyebabnya?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar