Sukses

Sulit Bangun Dari Posisi Tidur
21 Jul 2018, 22:43 WIB
Pria, 52 tahun.

Dokter, saat bangun dari tidur, punggung belakang kesulitan mengangkat badan, kecuali jika tidur menyamping dengan pungung dilengkungkan, apa penyebabnya ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Kesulitan bangun dari posisi tidur dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti gangguan otot dan tulang belakang, atau gangguan saraf. Nyeri punggung yang dialami saat bangun tidur dan membaik setelah melakukan aktivitas kemungkinan besar disebabkan oleh kesalahan posisi saat tidur. Hal tersebut dapat menyebabkan kakunya otot-otot pada punggung sehingga dapat menyebabkan nyeri. Namun demikian, untuk memastikannya, sebaiknya anda berobat ke dokter spesialis orthopedi agar dokter dapat mewawancarai anda lebih dalam dan melakukan pemeriksaan fisik serta penunjang untuk menyingkirkan kemungkinan lain seperti gangguan tulang, saraf, dan ginjal. Selanjutnya penanganan akan dilakukan sesuai dengan penyebab nyeri pinggang yang anda alami.

Di rumah anda perlu memperbaiki posisi tidur dengan posisi anatomis dan menggunakan beberapa bantal untuk ganjalan pada bagian-bagian tubuh yang berlekuk. Tidurlah pada kasur yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek. Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari anda juga harus memperhatikan posisi duduk dengan benar. Hindari membungkuk terlalu sering serta menganggkat barang berat dalam posisi badan yang membungkuk karena dapat berisiko menyebabkan gangguan pada otot-otot pinggang sehingga dapat menyebabkan nyeri pinggang. Saat nyeri pinggang muncul, anda dapat membantu mengatasinya dengan kompres air hangat atau meminum obat penghilang nyeri yang diresepkam oleh dokter.  

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

 

Salam, 

1 Komentar