Sukses

Bila Hepatitis B Kronis

21 Jul 2018, 18:19 WIB
Wanita, 43 tahun.

dok, saya habis cek laboratorium untuk hasil hepatitis b. trs hasilnya HBeAg non reaktif, anti HBe reaktif, HBsAg reaktif, anti HBs non reaktif (>=10 mlU/mL sesudah vaksinasi) dan anti HBc reaktif. apakah hepatitis ini sudah parah? apa bisa menular melalui peralatan makan? tolong penjelasannya

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Hasil pemeriksaan hepatitis B Anda menunjukkan bahwa Anda mengalami hepatitis B kronis. Ini ditunjukkan dengan adanya penanda virus HBsAg yang reaktif disertai anti-nya (anti HBe dan HBc yang reaktif), artinya tubuh Anda sudah membentuk kekebalan terhadap virus tersebut. Penanda akut virusnya sendiri yakni HBeAg non reaktif.

Untuk selanjutnya, Anda perlu menjalani USG hati untuk melihat derajat fibrosis hati akibat infeksi ini serta mengetahui berapa lama sekali Anda perlu kontrol dan tanda-tanda yang perlu diwaspadai jika infeksi sewaktu-waktu kambuh.

Kami sarankan agar Anda menemui dokter penyakit dalam konsultan gastroenterohepatologi (SpPD-KGEH) yang ahli dalam bidang hepatitis untuk mendapatkan evaluasi lanjutan.

Selengkapnya dapat Anda baca di dalam artikel-artikel berikut ini:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar