Sukses

Kaki Bengkak pada Diabetes

21 Jul 2018, 17:16 WIB
Pria, 56 tahun.

Dok ayah saya mempunyai penyakit diabetes yang dikeluhkan kaki terasa bengkak setiap malam dan tidak terasa saat disentuh tetapi kondisi tidak luka hanya bengkak d saja itu bagaimana dok cara penanganannya atau kah bisa di sembuhkan...terima kasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kaki bengkak pada diabetes bisa disebabkan oleh 2 hal, yakni akibat komplikasi pada jantung yakni gagal jantung, atau akibat gangguan ginjal.

1. Gagal jantung

Selain kaki bengkak, penderita gagal jantung akan mengeluhkan adanya sesak nafas, cepat lelah dan kaki bengkak. Kaki akan terasa bengkak khususnya setelah beraktivitas lama. Penderita gagal jantung juga akan mengeluhkan cepat merasa lelah. Kegiatan yang seharusnya tidak melelahkan, akan terasa berat bagi penderita gagal jantung.

2. Gangguan ginjal

Pada diabetes lama, fungsi ginjal yang menurun menyebabkan protein di dalam darah keluar melalui urin (yang seharusnya tidak). Protein tubuh akan berkurang dan menyebabkan cairan tubuh keluar dari pembuluh darah dan tampak sebagai bengkak. Biasanya tidak hanya pada kaki tetapi juga di perut dan kelopak mata.

Sedangkan rasa baal pada kaki, bisa disebabkan karena komplikasi diabetes lainnya, yakni neuropati perifer, atau gangguan saraf.

Bila kondisi diabetes ayah Anda tidak terkontrol, maka komplikasi ini akan cepat memburuk. Oleh sebab itu, segeralah membawa beliau ke dokter spesialis penyakit dalam (bila perlu konsultan endokrin metabolik - SpPD-KEMD) untuk segera ditangani. Kemungkinan ayah Anda membutuhkan insulin untuk mengontrol gula darahnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar